
Bagi ummat Muslim, bulan Ramadhan adalah momen yang ditunggu-tunggu. Meskipun datangnya sekali dalam satu tahun, ummat muslim menanti-nanti bulan istimewa dimana selama sebulan penuh ummat muslim akan melaksanakan ibadah puasa. Bisa terlihat di setiap daerah penuh dengan ucapan selamat menyambut Ramadhan baik berbentuk spanduk, poster maupun iklan banner/baliho.
Di Indonesia sendiri, banyak perusahaan yang memberikan kebijakan mengenai lama waktu bekerja dalam sehari. Banyak perusahaan yang memberlakukan pengurangan jam kantor guna menghormati mereka yang menjalankan ibadah Ramadhan. Dengan kebijakan tersebut, masyarakat mempunyai lebih banyak waktu luang yang dapat dimanfaatkan, baik untuk keluarga, teman, rekan, sahabat ataupun salah satunya waktu dalam mengakses media sosial terutama ketika ngabuburit atau menunggu buka puasa. Tidak heran jika pada momen tersebut, traffic penggunaan media sosial, termasuk twitter, menjadi lebih tinggi.
Berbagai brand pun menyadari akan trend tersebut dengan berusaha hadir di berbagai media sosial, salah satunya twitter dengan menyapa, mengucapkan selamat menyambut Ramadhan dan menawarkan promo yang berlaku saat bulan Ramadhan.
Kita ambil contoh, Indomie misalnya, brand produk mie instan ini menyambut Ramadhan dengan ide menarik. Brand tersebut menulis status “Gak terasa besok udah hari pertama puasa aja nih! Biasanya apa sih yang ampuh bangunin kamu buat sahur?”
Dalam statusnya tersebut, Indomie menyertakan meme ilustrasi menarik yang menggambarkan perbedaan cara membangunkan orang ketika menyantap sahur. Ide ini tidak terlepas dari aroma mi instan tersebut yang menggoda.
Gak terasa besok udah hari pertama puasa aja nih! Biasanya apa sih yang ampuh bangunin kamu buat sahur? pic.twitter.com/pCfvSSclb5
— Indomie (@Indomielovers) June 17, 2015
Tidak kalah dengan Indomie, Burger King Indonesia punya cara sendiri dengan membuat digital poster dengan gambar burgernya seolah-olah seperti beduk.
Selamat menunaikan ibadah puasa untuk BK Lovers yang menjalankan
pic.twitter.com/SeBOdjkF3T
— BurgerKing Indonesia (@BurgerKing_ID) June 18, 2015
Berbeda dengan kedua brand makanan tersebut, GrabTaxi Indonesia dalam menyambut Ramadhan memberikan paket promosi dengan memberikan diskon 15 ribu rupiah khusus untuk layanan penggunaan taksi dan memberlakukan tarif 5 ribu rupiah untuk penggunaan layanan GrabBike. Kedua promo tersebut dapat diperoleh dengan memasukan kode promo setiap melakukan pemesanan. Promosi ini pun dikomunikasikan oleh GrabTaxi Indonesia melalui akun twitternya.
Selamat berpuasa Grabbers, jgn lupa gunakan kode promo NGABUBURIT untuk potongan 15rb. info: http://t.co/15DULAHkZC pic.twitter.com/dLg8ekuXRF
— GrabTaxi Indonesia (@GrabTaxiID) June 18, 2015
Sementara itu, brand Pepsodent menyambut Ramadhan dengan mengadakan program Sahur Amal. Pepsodent akan memberikan 1 santapan sahur bagi yang membutuhkan setiap 1 kemasan kosong ukuran 190gr (atau lebih) yang dimasukkan ke Kotak Sahur Amal Pepsodent Herbal.
Mari berbagi dengan sahabat kita melalui Sahur Amal Pepsodent Herbal. Info lengkapnya klik : http://t.co/fRV1vWcBMY pic.twitter.com/yunuhPTFhq
— TanyaPepsodent (@TanyaPepsodent) June 17, 2015
Menarik bukan? Banyak brand berlomba-lomba merebut perhatian pengguna media sosial dalam menyambut Ramadhan. Adakah hal yang dilakukan brand lain di media sosial yang tak kalah menarik menurut anda, PRiders?
Sumber gambar: eceremonia.com