4 Kegiatan Virtual Sebagai Solusi PR di Era Normal Baru
by , 31 August 2020
0
Ilustrasi Seseorang Sedang Melakukan Rapat Online

Memasuki era normal baru, berbagai aspek kehidupan mengalami proses adaptasi. Tantangan bagi dunia PR saat ini, yakni bagaimana membangun citra dan reputasi perusahaan di tengah pergerakan tren yang dinamis. Salah satu di antaranya, bagaimana membangun engagement melalui komunikasi yang terstruktur.

Dalam dunia public relations (PR), aktivitas membina hubungan dengan klien dan para stakeholder perusahaan merupakan hal yang sangat signifikan. Untuk itu diperlukan strategi inovatif guna menunjang rencana dan pelaksanaan program PR, khususnya di masa pandemi seperti saat ini.

Memasuki era normal baru, berbagai aspek kehidupan mengalami proses adaptasi. Tantangan bagi dunia PR saat ini, yakni bagaimana membangun citra dan reputasi perusahaan di tengah pergerakan tren yang dinamis. Salah satu di antaranya, bagaimana membangun engagement melalui komunikasi yang terstruktur.

Pada aspek internal relations, PR harus mampu memfasilitasi saluran komunikasi yang efektif. Tentunya sistem komunikasi yang kokoh menghasilkan manajemen kerja yang suportif dan berkualitas. Di masa krisis sekarang, kegiatan meeting online pun menjadi rutinitas dalam berkomunikasi. Pada media relations, guna membangun hubungan dengan media dengan baik, PR harus mampu berinovasi dengan kreatif salah satunya membuat konferensi pers dalam bentuk video conference secara virtual.

Namun demikian, menciptakan strategi PR secara virtual tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa pertimbangan, seperti waktu dan konsep kegiatan, topik apa yang akan diambil, hingga siapa yang diundang dan dihadirkan. Jangan khawatir Priders, ada  beberapa pilihan buat kamu untuk membuat konsep kegiatan virtual ala PR era normal baru. Yuk simak, berikut ini:

  1. Gathering Virtual

Strategi komunikasi yang bisa dilakukan oleh PR salah satunya menciptakan program kreatif dan menyenangkan. Program yang bisa dicoba yakni Gathering Virtual. Melalui program ini, karyawan dan klien bisa saling bertukar cerita serta pengalaman. Tak kalah penting,  adanya apresiasi kepada masing-masing karyawan memberikan kesan tersendiri yang mampu meningkatkan keloyalan pada perusahaan. Program yang bertujuan sebagai sarana pengikat silaturahmi dan peningkatan kerja sama antar tim, menjadi kunci sinergi PR di tengah pandemi saat ini.

  1. Video Conference

Bentuk kegiatan lainnya yang bisa dilakukan oleh PR di masa pandemi ini, yakni Video Conference. Video conference menjadi media komunikasi yang cukup efektif, dimana seseorang dapat berinteraksi satu sama lain bahkan melihat melalui video yang berinteraksi dengannya. Kegiatan meeting tanpa tatap muka bukanlah menjadi penghalang dalam berkomunikasi.

Kegiatan konferensi, rapat, atau pertemuan bisa dilakukan melalui sambungan internet ke perangkat digital seperti laptop, komputer hingga smartphone. Semasa WFH, video conference dapat menjadi altenatif pilihan yang tepat untuk membangun komunikasi antara tim internal dengan relasi stakeholder lainnya.

  1. Media Kick Off

Dalam upaya membina hubungan komunikasi yang baik dengan para stakeholder, kegiatan Media Kick Off dapat menjadi solusi efektif bagi seorang PR dalam melakukan media relations. Media Kick Off merupakan suatu wadah bagi para stakeholder sebagai peningkatan branding, sosialisasi, dan promosi suatu program/produk yang ingin disampaikan kepada khalayak. Sehubungan PR di era normal baru, kegiatan ini bisa kamu modifikasi secara virtual dengan tambahan sesi tanya jawab dan kuis menarik!

  1. Web Seminar (Webinar)

Nah ketika masa pandemi ini, kegiatan webinar sering digunakan sebagai kegiatan pertemuan dalam bentuk seminar online (virtual). Webinar merupakan salah satu aktivitas yang menjadi pilihan bagi kebanyakan orang untuk diskusi. Bentuk kegiatan ini terbilang cukup tepat sasaran sebagai bentuk strategi komunikasi PR di era normal baru. Oleh karena itu, seorang PR dapat memperluas kreativitasnya menjadi berbagai bentuk webinar menarik, seperti talkshow, workshop, dan kegiatan diskusi seru lainnya.

Jadi, gimana Priders sudah paham kan ragam kegiatan virtual menarik dalam PR?  Di tengah pandemi ini, peran PR menjadi harapan bagi seluruh elemen lembaga dan masyarakat. Sekarang saatnya kamu terapkan konsep ini di tempat kerja mu. Vania Madina R

 

Sumber:

https://www.prindonesia.co/detail/1847/Ragam-Program-Komunikasi-Internal-di-Masa-Pandemi

https://bkhh.lipi.go.id/pranata-humas-lipi-semakin-kreatif-di-tengah-pandemi-covid-19/

https://www.perhumas.or.id/pr-di-dunia-normal-baru/