5 Kompetisi Komunikasi Bergengsi di Indonesia yang Layak Kamu Ikuti!
by , 3 February 2017
0
networking-communications-events-pr03534693af2d64e1b49cff00008aa896

Kompetisi bisa jadi salah satu metode belajar komunikasi. Selain, kamu dapat mengaplikasikan berbagai teori dalam perkuliahan juga menjadi ajang untuk kamu memperluas jaringan dengan calon-calon praktisi handal. Jika kamu berhasil memenangkan, pencapaian itu bisa jadi nilai plus dalam CV sebagai salah satu prestasi akademik.

Saat ini berbagai perguruan tinggi yang memiliki jurusan Ilmu Komunikasi berinisiatif menyelenggarakan kompetisi dengan keunikannya masing-masing. 5 kompetisi berikut merupakan acara tahunan skala nasional yang harus Priders coba ikuti.

1. Pekom UI (Pekan Komunikasi UI)

Kompetisi komunikasi yang digagas oleh mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia ini merupakan kompetisi yang paling lama ada dan terbesar di Indonesia. Tema yang diangkat tiap tahunnya selalu menyesuaikan dengan perkembangan komunikasi dan isu-isu aktual. Pekom UI memiliki beberapa cabang perlombaan diantaranya :

a. PR Vaganza, kompetisi yang mengasah kemampuan para calon praktisi Public Relations (PR) handal dalam menentukan strategi dan media komunikasi PR yang efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

b. Creabo (Create and Broadcasting), kompetisi penyiaran dalam bentuk Design Program TV atau pembuatan Film Pendek.

c. AdWar, kompetisi pembuatan kampanye iklan yang unik, menarik, dan menghibur.

d. Journalight, kompetisi dibidang jurnalistik dalam bentuk tulisan, foto, dan video. Ajang ini untuk menguji kemampuan peserta dalam meliput berita, menulis berita, dan menyajikan foto/video sesuai dengan berita yang diangkat.

Pada tahun ini, Pekom UI akan diselenggarakan pada 17-21 April 2017 dan informasi selengkapnya dapat dilihat pada laman http://pekankomunikasi.org/. Dalam setiap rangkaian acaranya akan ada seminar dari para ahli untuk menambah wawasan peserta dan diakhiri dengan Awarding Night. It’s networking time Priders!

 

2. Padjadjaran PR Fair

Kompetisi ini diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa Departemen Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi Fikom Unpad. Ini salah satu program kerja tahunan himpunan nya lho. Rangkaian acaranya terdiri dari :

a. Seminar

Menghadirkan narasumber ahli sesuai dengan tema yang diangkat.

b. OlymPRDay

Kompetisi membuat sebuah proposal program PR yang kreatif dan efektif. Setelahnya peserta lomba mempresentasikan proposalnya dengan metode pecha kucha. Pecha kucha adalah metode presentasi dengan hanya menggunakan 20 slide dan setiap slidenya dijelaskan dalam 20 detik.

c. Public Relations Student Forum (PRSF)

PRSF adalah sebuah lomba dalam bentuk diskusi panel dimana setiap tim yang terdiri dari dua orang menganalisis suatu masalah sesuai dengan tema yang diberikan kemudian mengimplementasikannya dalam strategi dan praktik PR. Lomba ini dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris.

d. Gathering

Ajang untuk mengakrabkan semua peserta dan panitia. Biasanya panitia sudah menyiapkan konsep tertentu serta pertunjukkan yang menarik.

e. Awarding Night

Acara penutupan rangkaian lomba dengan disuguhi penampilan yang menarik dan pengumuman pemenang lomba. Sungguh acara yang dikemas dengan apik. Sentuhan berbahasa inggris dalam lomba membuat kompetisi ini berbeda dengan yang lainnya dan memiliki tantangan tersendiri bagi peserta. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, kamu dapat melihat berbagai informasi kegiatannya di akun twitter @PRFairUnpad

 

3. AJISAKA

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Korps Mahasiswa Komunikasi UGM ini memiliki beberapa kategori dengan tema yang berbeda. Berikut kategori yang diusung dalam lomba tersebut :

a. PRAHASTA (Pertarungan Humas Nusantara), salah satu kategori lomba dibidang Public Relations.

b. SADEWA (Sayembara Dewan Pariwara), kategori lomba dibidang periklanan

c. KRESNA (Kreasi Insan Sinema), kategori lomba dibidang perfilman

d. ARJUNA (Ajang Citra Berjuta Warna), kategori lomba dibidang photography

Untuk mengetahui berbagai nformasi serta berbagai testimoni tentang kegiatan ini, yuk kita

lihat informasinya melalui laman http://ajisaka.fisipol.ugm.ac.id/

4. Comminfest (Communication Interest Festival)

Kompetisi ini digagas oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (HMPSKOM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Comminfest ini, memberikan wadah bagi mahasiswa yang tertarik di bidang Ilmu Komunikasi untuk mengasah kemampuan komunikasi melalui The Prime (Public Relations In Competition), BroaDay (Broadcasting Day), RAC (Radio Announcer Competition), Artriwara (kompetisi menulis berita feature), Lensa (Lingkaran Penelitian dan Sharing), Lumens Award (Advertising Competition). Rangkaian acaranya meliputi seminar atau diskusi, kompetisi dan awarding night yaitu acara puncak untuk mengapresiasi karya mahasiswa yang terbaik di bidangnya. Bagi yang masih penasaran dengan kompetisi ini, bisa Priders lihat di https://fisip.uajy.ac.id/comminfest/

 

5. Komunikasi Fiesta

Ajang ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPMF) Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Komunikasi Fiesta 2016 terdiri dari dua bentuk kegiatan antara lain Seminar dan Kompetisi yang terdiri dari :

a. PresCo (Public Relations Competition)

Kompetisi pembuatan proposal rancangan program komunikasi yang efektif. Setiap kompetisinya memiliki tema yang berbeda-beda. Biasanya berkaitan dengan isu aktual.

b. AdCo (Advertising Concept)

Kompetisi pembuatan konsep iklan untuk menguji pengetahuan dan keterampilan dalam membuat konsep yang kreatif

 c. Short Movie Competition

Kompetisi pembuatan film pendek sesuai dengan tema yang diberikan oleh panitia. Selain itu juga ada kompetisi pembuatan Vlog, pembuatan mural atau gambar sebagai salah satu media dalam menyampaikan pesan

Komunikasi Fiesta 2016 dapat menjadi wadah bagi para peserta untuk menyalurkan berbagai gagasan dan ide. Komunikasi Fiesta tahun ini pun akan diadakan pada 30 Maret – 1 April 2017 dengan mengusung tema “Action Needed”. Informasi selengkapnya, dapat kamu lihat di laman http://www.komunikasifiesta.com/

 

Berkembangnya Ilmu Komunikasi didorong oleh semangat dari generasi muda untuk mengembangkan kemampuannya. Kompetisi memacu kita untuk lebih maju dan belajar dari yang lain. Kompetisi-kompetisi ini mencerminkan fungsi dan strategis nya Ilmu Komunikasi.

Nah, jika ada kompetisi yang ingin Priders rekomendasikan, silakan ….

 

Penulis:

Ariza Dwi Arlinda

Konsultan Public Relations

 

Sumber foto:

www.teamlewis.com/us/insights/articles/the-importance-of-networking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>