Tujuh Tips Menciptakan Konten Viral Seperti Clickbait
by , 16 January 2017
0
konten website

Fenomena clickbait seringkali terjadi dalam dunia online. Clickbait kerapkali dirasa merugikan bagi para pengguna. Namun meski merugikan, kita perlu mempelajari cara membangun konten clickbait. Ada hal yang bisa kita pelajari melalui clickbait yaitu membangun konten yang menawarkan nilai yang jelas dan menarik pembaca untuk mengklik konten tersebut. Ada tujuh langkah untuk membangun konten yang viral seperti clickbait.

1.Punya pembahasan yang sesuai dan persuasif dengan target audiens

Harus Anda sadari bahwa audiens Anda adalah orang-orang yang memiliki kebutuhan dan tujuan. Serta, audiens Anda memiliki waktu mereka sendiri. Sebelum berbicara kepada mereka, Anda perlu memahami siapa mereka sehingga bisa membangun konten yang dapat menyelesaikan masalah atau menjadi inspirasi bagi mereka.

Sebelum membuat konten, Anda harus posisikan diri sebagai audiens. Berikan alas an audiens harus mengklik konten Anda. Berikan keuntungan kepada audiens ketika mengklik konten Anda. Apa masalah yang bisa mereka hindari. Berikan solusi yang jelas untuk audiens.

2. Bicara langsung kepada audiens Anda

Cara termudah untuk membangun hubungan dengan audiens Anda adalah untuk membuatnya ada dalam konten yang dibuat. Misalnya, anda menyebutkan kata “kamu” atau “Anda” dalam artikel. Itu adalah cara sederhana untuk membangun ikatan antara audiens dan komunikator.

Hal ini diperlukan agar komunikasi terasa personal dan akan membuat audiens Anda meluangkan waktu untuk menyimak pesan tersebut sejak awal. Posisikan diri Anda sebagai audiens untuk dapat memahami cara membangun konten yang sesuai.

3. Bangun rasa penasaran

Setiap individu memiliki rasa penasaran yang berbeda setiap orang, termasuk audiens Anda. Anda harus bisa mengetahui apa yang audiens ketahui dan yang belum mereka ketahui. Dari sana, Anda bisa memperkirakan konten macam apa yang membuat audiens penasaran.

Anda bisa membuat konten yang berisi fakta-fakta mengejutkan, statistik, atau kutipan-kutipan yang nantinya dapat membuat penasaran.

4. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti

Penggunaan bahasa menjadi penting dalam membangun konten yang viral. Dan hal ini mengharuskan Anda mengetahui karakter audiens. Gunakan bahasa yang digunakan audiens serta gunakan kata-kata yang argumentatif yang dapat menjawab rasa penasaran audiens Anda.

 5. Bujuk audiens Anda

Karena banyaknya konten yang ada di internet, anda perlu membujuk audiens anda. Katakan alasan mereka perlu mengklik konten Anda dan keuntungan yang didapatkan setelah mengklik konten.

6. Buat konten Anda shareable

Pada umumnya, konten-konten yang viral disebabkan karena audiens menyebarkan konten yang didapatkan dari audiens yang lain. Hal ini berarti Anda harus memastikan konten Anda bisa menyebar ke mana-mana. Bahkan kepada audiens yang belum Anda sasar sebelumnya.

Jika konten Anda disebar melalui sosial media, sudah ada tombol share yang akan memudahkan. Namun jika konten di website, tombol share perlu digunakan agar konten Anda menjadi shareable.

7. Sesuaikan dengan berbagai sosial media

Meskipun sama-sama sosial media, namun instagram, facebook dan twitter menyajikan strategi yang berbeda-beda. Adapun strategi yang bisa di pelajari yaitu melalui Facebook dengan memanfaatkan caption untuk menjelaskan daya tarik konten sehingga perlu untuk di klik. Twitter dengan memanfaatkan caption dalam beberapa tweet. Serta didukung oleh gambar yang dapat memicu rasa penasaran audiens anda. Instagram dengan memilih gambar yang menarik dan sesuai dengan konten Anda. Lalu sertakan link di bio karena hanya link di bio yang dapat diklik di instagram.

Berikut 7 tips yang perlu diperhatikan untuk menciptakan konten yang ingin menjadi viral. Konten, memang unsur yang cukup penting. Konten adalah suatu hal yang mampu menarik audiens. Konten yang dianggap penting dan menarik akan menjadi sasaran audiens.

Penulis :

Arif Utama

Ilmu Komunikasi

Universitas Padjajaran

Referensi:

https://blog.hootsuite.com/how-to-write-clickable-content-for-every-social-network/

Sumber foto:

http://www.spinningplanet.co.nz/website-content

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>