Proses Informasi dan Komunikasi dalam Komunitas
by , 3 January 2017
0

Komunitas merupakan salah satu wadah komunikasi. Fungsi komunikasi dalam suatu komunitas dibentuk atas dasar persamaan (equality). Per­samaan yang dimaksud adalah kesejajaran status dan kedudukan antaranggota komunitas. Walaupun dalam komunitas pedesaan yang sifatnya tradisional, akan selalu ada kelas sosial ekonomi yang berjenjang, dalam perspektif komunikasi, semua anggota dapat berperan sebagai komunikator dan komunikan.

Adapun media komunikasi dalam kegiatan periklanan melalui below the line digunakan oleh komunitas untuk berbagai fungsi. Sedangkan radio transistor, telepon, surat dan media informasi individu lainnya hanya digunakan untuk mengekspresikan kehidupan individu.

Andersen dan Carter mengemukakan bahwa sebenarnya inti dari masyarakat adalah komunikasi, seperti yang dijelaskan pula oleh John Dewey. Tanpa komunikasi tidak mungkin ada interaksi dimana makna, kehidupan bersama, dan nilai ditetapkan (Ross, 1975).

Komunikasi sebagai fungsi utama dalam jaringan kerja sosial untuk mempertahankan eksistensi. Adapula berbagai fungsi yang berorientasi pada tujuan dan kebutuhan emosional sebagai penyedia informasi atau sebagai penghubung sistem itu sendiri. Karena itu, jaringan kerja sosial mengidentifikasikan kelompok, keluarga, tetangga dan juga komunitas. Sehingga kebutuhan primer dapat terpenuhi. Dengan kata lain, jaringan kerja sosial dalam kelompok dan komunitas sama dengan jaringan kerja dalam suatu organisasi.

Hasil penelitian di beberapa negara menunjukkan dalam suatu komunitas mempunyai  kesempatan untuk memberi kritikan kepada para pimpinannya menggunakan fungsi feedback. Feedback boleh dinyatakan secara eksplisit dan formal serta disetujui sebagai bagian dari kesejahteraan sosial dan bagian dari pembangunan komunitas. Komunitas bersama pihak-pihak terkait merupakan bagian yang diikutsertakan dalam proses perencanaan program dan aspirasi mereka harus diketahui.

Dalam mengkaji karakteristik komunikasi suatu komunitas, diperlukan penelaahan terlebih dahulu tentang sistem sosialnya seperti peran, institusi sosial, dan pola interaksi yang ada pada komunitas tersebut. Ruang lingkup komunitas lebih sempit dari pada masyarakat. Komunikasi komunitas merupakan perbatasan antara komuni­kasi publik berskala kecil dan media massa berskala besar.

Untuk mengkaji media komunitas yang berkaitan dengan komunikasi, terdapat struktur hubungan antarpersonal yang interaktif. Pendekatan pada studi komunitas mengimplikasikan suatu perubahan dalam perspektif komunikasi massa, yaitu suatu perubahan dari perspektif media centered yang linier menjadi lebih terstruktur dan dinamis sebagai komunikasi publik dalam konteks sosial yang spesifik. Komunitas dan ruang publik memiliki fungsi me­dia massa yakni sebagai cara untuk mengorganisasi pengalaman sosial.

Penulis:

Branti Nurghida

PR Consultant di AsiaPR

Referensi :

https://safriadi.wordpress.com/2009/06/27/peran-dan-fungsi-media-komunitas/

Gambar:gofindfriends.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>