Opini Publik dalam Sosial Media
by , 10 January 2017
0
Opini publik dalam sosial media

Opini publik bisa menjadi kelebihan maupun kelemahan dalam sosial media/media online Anda. Namun inilah kekuatan media online, semua orang dari berbagai belahan dunia manapun dapat memberikan opini yang akhirnya memberi pengaruh baik itu positif maupun negatif. Tak memandang jabatan, derajat, tingkatan umur, semua berhak memberi tanggapan terhadap suatu perihal melalui media online. Meskipun kini, semua perilaku dalam media online juga telah diatur dan dibatasi oleh Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Sosial media telah memberi ruang kepada publik untuk berpendapat secara terbuka. Terbukti, pada salah satu akun instagram yang seringkali menjadi sumber informasi dan bahan perbincangan kalangan muda dibanjiri oleh ratusan bahkan ribuan komentar dalam setiap unggahan. Komentar tersebut terkadang turut memberi informasi tambahan. Informasi dalam akun tersebut pun sangat cepat tersebar, bagaikan api yang berkobar. Ya, begitulah kekuatan sosial media.

Memang, menjadi hak setiap orang untuk bebas berbicara pada media online namun itu juga menjadi tanggung jawab kita untuk menghormati orang lain. Seringkali kebebasan berbicara dalam media online menimbulkan sebuah asumsi baru yang mengakibatkan fitnah ataupun pencemaran nama baik. Tanggapan/opini publik memang sangat sulit untuk dikontrol.

Namun, opini dari publik tak selamanya mengganggu, dengan adanya publik yang memberi tanggapan maka sosial media Anda dianggap sudah cukup interaktif dan menarik. Ya, menarik orang untuk membuka, melihat, dan memberi tanggapan pada kanal Anda. Adapun hasil tanggapan bisa berbentuk positif atau negatif tergantung dari kacamata pengunjung. Kita sebaiknya memahami target audiens sosial media dan implementasi dari berbagai segi strategi kehumasan untuk menggapai reputasi, hasil dari tujuan, dan keuntungan.

Referensi :

http://www.shiftcomm.com/blog/public-life-public-relations/

Sumber foto :

http://www.christinehueber.com/how-to-respond-to-social-media-comments/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>