4 Langkah Mengelola Sosial Media yang Cepat dan Tepat
by , 4 January 2017
0
4 Langkah Mengelola Sosial Media yang Cepat dan Tepat

Pada era digitalisasi seperti sekarang, sosial media tentu memiliki peranan yang penting. Melalui sosial media, kita bisa mendapat informasi dari berbagai belahan dunia dengan cepat. Tak hanya informasi, kita pun dapat berinteraksi cepat dengan kerabat melalui sosial media. Cara menjangkau khalayak global di sosial media:

1. Kenali audiens Anda

Memilih sosial media yang tepat (sesuai dengan kebutuhan). Memperhatikan demografi sosial media seperti Twitter, Facebook, WeChat, Whatsapp, dll. Pengguna aktif WeChat biasanya lebih dari 700 juta. Cina, Malaysia, dan Hong Kong merupakan tiga negara yang paling aktif. Sedangkan pengguna aktif aplikasi Whatsap lebih dari 1 milliar dalam sebulan. Afrika Selatan, Malaysia, dan India adalah tiga negara pengguna Whatsapp terbanyak.

Melalui demografi sosial media yang diketahui, kita bisa mengetahui penggunaan sosial media secara tepat. Namun, kita juga harus memperhatikan tujuan dan fungsi dari penggunaan sosial media.

a. Menganalisis percakapan sosial

Hal ini bertujuan untuk mengetahui topik/informasi/barang yang sedang populer (riset pasar) melalui berbagai sosial media.

b. Membuat analisis yang kompetitif

Misalnya, kita akan membuat bisnis. Pada sosial media, sebaiknya kita membuat analisis terhadap pebisnis lain yang sudah lebih dahulu terjun. Hal ini juga menambah ilmu sekaligus inspirasi kita. Melalui analisa, kita bisa mengetahui jumlah posting dalam sehari, caption yang digunakan, trik dan tips untuk menarik pengunjung, penggunaan iklan yang baik dan sewajarnya, dan lain sebagainya.

c. Membuat Survey

Setelah melakukan beberapa analisis, sebaiknya kita juga melakukan survey. Survey yang dilakukan bisa bermacam-macam sesuai dengan tujuan kita.

d. Melakukan penelitian dari kegiatan pemasaran di masing-masing daerah

Ini juga tak kalah penting dengan poin sebelumnya. Setelah mengetahui survey dan berbagai strategi sosial media, kita melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui kegiatan pemasaran pada daerah lain dan sumber inspirasi.

2. Menulis konten

Dari penelitian yang telah dilakukan, kita akan mendapat berbagai informasi terkait apa yang kita butuhkan. Berikut beberapa cara untuk menciptakan konten pengunjung sosial media Anda:

a. Membuat konten global dan lokal

Memperhatikan hal-hal penting yang kelak akan dibahas secara nasional maupun internasional. Pada aplikasi Twitter, biasanya bisa lihat melalui twitter analytics dengan meng-klik “Acara” pada bar atas. Dari kanal tersebut, kita bisa melihat daftar lebiran mendatang dan acara yang diselenggarakan di seluruh dunia.

b. Bisa beradaptasi pada konten dengan budaya yang berbeda

Hal ini berhubungan dengan wilayah yang ditargetkan. Lokalisasi konten seperti mengubah ejaan, menerjemahkan tulisan, istilah baru yang ditemukan.

3. Mempublikasikan dan menjadwalkan

a. Publikasi

Publikasi adalah tombak dari sosial media. Berbagai informasi bisa didapatkan melalui publikasi sosial media. Adapun publikasi harus dirancang sebaik mungkin. Publikasi bisa berupa gambar yakni poster, foto, video singkat, dan lain sebagainya. Konsep yang matang harus dipikirkan agar tujuan dari acara atau publikasi tersebut dapat tercapai.

b. Membuat jadwal

Ini merupakan salah satu strategi sosial media. Membuat jadwal secara rinci, hal yang akan dipublikasikan melalui sosial media.

 4. Menggunakan pendukung internal

Hal ini berkaitan dengan publikasi, dengan menggunakan layanan pendukung internal dari sosial media. Melakukan pengaturan otomatis pada sosial media (jika ada). Hal ini juga memudahkan kita dalam publikasi konten. Seperti, menjawab pertanyaan atau memberi pernyataan yang telah diatur sebelumnya. Selain memudahkan, juga mempesingkat waktu sehingga pengunjung sosial media akan merasa puas dengan mendapatkan feedback dengan cepat dan tepat.

Referensi: https://blog.hootsuite.com/global-social-media-strategy/

Sumber foto: Cherry and Lime. 2013

Penulis: Branti Nurghida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>