Erix Soekamti: Mandiri dalam Promosi
by , 21 October 2016
0
photo

Belakangan ini, content creator Youtube dari Indonesia semakin banyak bermunculan. Mereka datang dari latar belakang yang berbeda, mulai dari standup comedian, aktor dan aktris, musisi, gamers sampai anak-anak SMA. Mereka menawarkan konten yang beragam yang sesuai dengan minat masing-masing.

Salah satu content creator yang menarik diamati adalah Erix Soekamti, pentolan grup band Pop Punk asal Yogyakarta, Endank Soekamti. Ia aktif memproduksi video blog atau vlog yang ia beri nama DOES: Diary of Erix Soekamti. DOES yang rutin diunggah setiap hari ini memuat konten berisi kegiatan sehari-hari Erix sebagai seorang musisi dan pekerja kreatif sudah mencapai episode 330.

7th Album

7th Album Dokumentasi Pembuatan Album Ke-7 Endank Soekamti yang Diunggah Selama 30 Hari Berturut-Turut

Konsistensinya dalam memproduksi konten video diawali saat grup band yang diawakinya, Endank Soekamti, memproduksi album terbaru mereka bertajuk Soekamti Day. Selama proses produksi berlangsung, Erix Soekamti dibantu dengan kru-nya mendokumentasikan kegiatan mereka setiap harinya. Hasil dokumentasi kemudian diunggah secara harian selama 30 hari.

Dari situ Erix Soekamti merasa tertantang untuk melanjutkan produksi video secara harian. Ia akhirnya memutuskan untuk menantang dirinya sendiri untuk membuat video selama 30 hari berturut-turut. Saat itu teman-teman band, serta kru-krunya menyangsikan kemampuan Erix menyelesaikan tantangan tersebut, mengingat padatnya aktivitas termasuk jadwal manggung Endank Soekamti. Apalagi seluruh proses produksi termasuk editing dilakukan oleh Erix Soekamti sendiri. Hasilnya? Ya, Erix sekali lagi dapat membuktikan satu kata yang tertulis pada tato di tangan kirinya “I’m-Possible”

BxTVNZACAAAjfHJ

Tatoo di Lengan Kiri Erix

Sejak saat itu Erix konsisten memproduksi konten video, hampir setiap hari, untuk menyapa fans-fans Endank Soekamti. Meski dikerjakan sendiri, kualitas konten yang diproduksi Erix tetap terjamin. Tak heran musisi setenar Iwan Fals dan Nidji mempercayai Erix sebagai produser video klip mereka.

nidji video clip

Video Klip NIDJI & Iwan Fals – ‘Hidup Yang Hebat’ Diproduseri Oleh Erix Soekamti

Apa yang dilakukan Erix Soekamti melalui produksi konten video ini telah memberikan dampak luas bagi Endank Soekamti. Meski viewers dan subscriber-nya tak sebanyak content creator lain yang telah mendapat silver play button dari Youtube, tapi penonton vlog Erix adalah audience yang loyal. Setidaknya terdapat tiga keuntungan yang didapat dari aktifnya Erix memproduksi konten video:

1. Meningkatkan awareness masyarakat dan memperluas market Endank Soekamti
Banyak orang yang ‘berkenalan’ dengan karya-karya Endank Soekamti melalui VLOG Erix Soekamti. Mereka awalnya sekedar menikmati VLOG yang diproduksi harian ini, namun secara tidak sadar mereka turut menikmati karya Endank Soekamti yang terdapat dalam VLOG tersebut. Akhirnya mereka mencari tahu dan kemudian dapat mengakses karya-karya tersebut.

Erix juga seringkali terlihat beraktivitas bersama anggota dari band-band lain dan hal tersebut terdokumentasi dengan baik dalam Vlog yang dibuatnya. Fans-fans dari band lain yang penasaran dengan aktivitas idolanya pasti akan ikut menonton Vlog dari Erix. Saat itulah proses cross-market terjadi. Fans dari band lain turut mempunyai kesempatan menikmati karya-karya Endank Soekamti.

2. Membangun engagement yang kuat pada existing fans
Lewat fitur comment, existing fans dari Endank Soekamti bisa memberikan tanggapan dan bahkan masukannya terkait setiap aktivitas band idolanya yang terekam dalam vlog Erix. Dengan iniTembok pemisah antara fans dengan idola menjadi semakin kecil jaraknya.

3. Publisitas bagi Endank Soekamti
Meski judul vlognya adalah DOES; Diary of Erix Soekamti, banyak konten dari vlog Erix mengangkat aktivitas bandnya, Endank Soekamti. Terutama terkait latihan-latihan mereka, aksi panggung, sampai dengan promosi album atau karya baru. Hal tersebut membuat fans mengetahui update terkini tentang Endank Soekamti. Tanpa harus diliput oleh media infotainment, fans Endank Soekamti dapat dengan mudah mengetahui aktivitas terkini bandnya lewat vlog Erix Soekamti.

Adakah content creator yang menurut kalian menawarkan konsep yang berbeda dari yang lain dan mampu menghasilkan penonton yang loyal? Ayo sharing di sini. Silahkan submit tulisannya ke adit.angwarmase@pride.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>