Cara Toyota Memandang Pentingnya Komunitas
by , 28 July 2016
0
Komunitas Toyota

Banyak brand yang semakin paham tentang praktik-praktik PR untuk menjalin relasi dengan pelanggan. Akan jadi lebih mudah jika pelanggan tersebut telah membentuk komunitas-komunitas sendiri dengan menggunakan nama sesuai brand tersebut. Identitas komunitas ini ketika dijaga dengan baik, mereka akan dengan senang hati mau berbagi tentang pengalaman baik mereka dalam menggunakan brand kepada orang lain.

Contoh komunitas pelanggan yang kuat adalah Toyota Owner Community (TOC), komunitas pengguna mobil Toyota ini menaungi 16 komunitas didalamnya. Komunitas yang tergabung didalamnya yaitu AXIC, ALTIC, GCC, IC, ID42NER, IKC, ISC, TAC, TERUCI, TEVCI, TKCI, TSC, TSVC, TVCI, TYCI, dan Velozity. Masing-masing komunitas menggunakan mobil dengan brand yang sama, anggota Axic menggunakan mobil Toyota Avanza, IC menggunakan Innova, Teruci menggunakan Rush dan lain-lain.

Kegiatan komunitas terbaru adalah Halal Bihalal yang digelar di yang dihadiri oleh kurang lebih 250 peserta dari anggota komunitas tersebut. Bertempat di Raden Bahari Ballroom & Resto Jakarta Pada Hari Sabtu (23/7/2016) lalu. Kegiatan yang juga melibatkan kaum lanjut usia Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3 menjadi kesempatan untuk bersilahturahmi antar sesama komunitas dan juga dengan pihak Toyota Astra Motor.

Kegiatan ini berlangsung dengan penuh canda tawa. Ada sesi khusus dimana anggota komunitas bersama dengan kaum lansia bermain permainan kata berantai. Yang berbeda dari kegiatan komunitas sebelumnya, Toyota Astra Motor memberikan kesempatan kepada anggota komunitas untuk mengenal produk terbaru Toyota Sienta sebelum resmi diluncurkan. Mobil ini sendiri telah lebih dulu dijual di Jepang dan pernah ditampilkan di IIMS 2016 dan berhasil meraih predikat sebagai ‘best buy car” di pagelaran otomotif tahunan tersebut.

“Komunitas TOC sudah kami anggap sebagai keluarga besar Toyota. Perkembangan produk Toyota selama ini tidak terlepas dari masukan-masukan yang datang dari komunitas, jadi kegiatan-kegiatan TOC seperti ini selalu kita dukung dalam kesempatan ini juga kami anggap tepat untuk memperkenalkan All New Sienta kepada komunitas sebelum bisa dinikmati oleh khalayak umum,” Kata Indra Rezkita Lubis

 Kedekatan Toyota dengan komunitasnya memang terjaga dengan baik. Dalam berbagai kesempatan, Toyota Astra Motor ikut hadir dalam kegiatan komunitas seperti jamboree, buka puasa bersama dan kegiatan lainnya.

Apa cerita teman-teman tentang aktivitas brand dengan pelanggannya? Mari bercerita.

Penulis:

Christina Kusuma Jati

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Universitas Sebelas Maret

Gambar: modifikasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>