Belajar Strategi Bisnis dari Sosok Handoko Hendroyono
by , 22 September 2015
0
film-filosofi-kopi-the-movie-goes-to-makassar_20150416_134549

Ketika memulai sebuah bisnis, pasti ada kecemasan bahwa bisnis yang kita bangun tersebut akan gagal atau tidak mengalami keberlanjutan. Oleh karenanya, sebuah strategi bisnis yang matang perlu dibangun agar langkah berbisnis kita semakin mantap. Berikut ini adalah inspirasi berbisnis yang dibagi oleh Handoko Hendroyono dalam acara “Integrated Marketing Communication”. Handoko adalah seorang Content creator dan produser film yang berhasil menelurkan Film Filosofi Kopi dan kini masih memanen rupiah dari bisnis kedai Filosofi Kopi. Berikut beberapa kunci kesuksesan bisnis kedai kopi yang berlokasi di bilangan Blok M tersebut:

  • Attention & Concern

Menciptakan sebuah bisnis, bukan hanya tentang meraup keuntungan ekonomi semata. Berbisnis menurut Handoko juga harus memiliki tujuan ideal, dalam hal ini Handoko memberikan perhatian pada kopi dan petani kopi Indonesia yang selama ini sering terabaikan. Indonesia adalah negara penghasil kopi keempat terbesar di dunia, dan Handoko ingin membangun kesadaran publik akan hal ini, sehingga nantinya masyarakat bisa lebih mencintai kopi dalam negeri dan meningkatkan produktifitas petani kopi Indonesia.

  • Dream : “Spirit that encourages us”

Menurut Handoko, bisnis harus dibangun di atas mimpi. Baginya, mimpi besar yang ingin diwujudkan melalui kedai Filosofi Kopi adalah meningkatkan derajat kopi Indonesia di kancah dunia. “Kopi Indonesia, Kopiin Dunia”, begitulah bunyi mimpi yang sekaligus menjadi tagline bisnisnya.

  • Movement

Filosofi Kopi bukan sekedar café biasa, namun merupakan sebuah gerakan yang seiring berjalannya waktu diterima menjadi lifestyle urban alternatif. Alih-alih menghabiskan waktu di kedai kopi dengan berinternet ria, Filosofi Kopi menawarkan konsep baru bahwa kopi bisa dinikmati tanpa koneksi Wifi, dinikmati sambil bercengkrama hangat dengan teman. Sebagai sebuah gerakan, Filosofi Kopi juga memiliki fans yang cukup fanatik, sekaligus menjadi anti-culture dari “anak mall”

  • Indie Art Gallery

Content creator satu ini berhasil menggebrak dunia bisnis dengan menciptakan sebuah kedai kopi yang memungkinkan digunakan sebagai ruang publik, tempat mengekspresikan kreatifitas pengunjungnya. Handoko sengaja menyediakan pintu kaca di kedai miliknya dengan tujuan agar pengunjung dapat menggambar idenya di medium tersebut. Lama-kelamaan kedainya bagaikan galeri seni yang artistik!

  • Working Space

Filosofi Kopi juga menjadi working space yang nyaman, yang menyediakan sarana diskusi seperti kaca dan spidol untuk menggoretkan ide-ide atau sekedar resume meeting. Disinilah orang-orang bertemu, berdiskusi, dan produksi kreatifitas pun terjadi

  • Community Space

Tempat ngopi satu ini juga sangat dicintai oleh berbagai komunitas. Banyak yang mengadakan gathering di tempat ini, seperti komunitas lari/running, atau biking

  • Cool Factor!

Cool factor adalah satu hal yang berhasil dikonstruksikan Handoko melalui bisnis ini. Kamu belum dianggap “gaul” kalau belum pernah datang dan menikmati kopi di sini. Cool factor ini penting diciptakan bila kamu ingin menginisiasi sebuah bisnis yang sukses

  • Hottest Fashion spot

Dengan berbagai daya tarik artistiknya, kedai Filosofi Kopi merupakan magnet bagi para pengunjung, terutama kalangan muda. Kebanyakan dari mereka mengartikulasikan kedai kopi ini sebagai tempat berfoto yang “hits” di Jakarta. Oleh karenanya mereka datang dengan berdandan cantik dan wajib berfoto ria di lokasi. Mengunggah foto ke akun media sosial seakan menjadi ritual wajib, dan ini membantu menaikkan pamor kedai Filosofi Kopi sendiri.

  • Cash Register

Sebagai sebuah bisnis, tentu berupaya mendapatkan profit. Oleh karenanya selain hal di atas, Handoko tidak lupa merancang business model yang baik bagi bisnis kopinya. So genius!

Penulis:

Leonella Massardi, Peneliti Komunikasi di AsiaPR

Sumber foto: Tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>