6 Tipe Presenter. Kamu Yang Mana?
by , 15 July 2015
0
Good Presentation

Sebagai profesional, presentasi adalah aktivitas yang tidak asing lagi. Presentasi yang baik tentunya harus berhasil mentransformasikan ide-ide dalam benak audiens.

Sebagai cofounder dari Fassforward, perusahaan penyedia jasa konsultasi dan strategi komunikasi, McMahon berpendapat bahwa setiap presenter memiliki cara yang berbeda dalam memprioritaskan kata-kata, gambar, dan struktur yang kemudian memunculkan beberapa tipe presenter.

Dengan pemetaan tipe presenter ini, kita dapat melihat tipe presenter seperti apa yang sesuai dengan kita dan kemudian mampu untuk mengembangkan kemampuan kita dalam melakukan presentasi.

 Presenter McMahon

6 tipe presenter tersebut adalah:

1. The Coach

Prioritas: Gambar, kata-kata, struktur

Kekuatan:

Coach dapat memenangkan audiens dengan passion dan energi mereka. Hebat dalam memainkan peran dan berinteraksi dengan audiens.

Kelemahan:

The coach bisa terlalu antusias dalam perpindahan materi sehingga tidak memberikan waktu bagi audiens untuk menyerap ide-ide yang disampaikan.

McMahon menyarankan kepada presenter dengan tipe ini untuk menyiapkan beberapa pesan penting yang ingin mereka sampaikan agar mereka tetap pada alur yang direncanakan.

2. The Inventors

Prioritas: Gambar, Struktur, Kata-kata

Kekuatan:

The inventors hebat dalam membuat slideshow presentasi karena mereka memahami bagaimana materi harus dibuat dan dijelaskan. Mereka akan memulai presentasi dengan beberapa poin penting dan memilih untuk melakukan sesi tanya jawab saat selesai melakukan presentasi.

Kelemahan:

The inventors tidak terbiasa melakukan presentasi. Mereka cenderung gugup saat berusaha untuk mengingat detail-detail presentasi dan penggunaan kata-kata yang tepat

Presenter tipe ini disarankan untuk menggunakan tulisan singkat atau gambar sebagai pemicu bagi presenter untuk berbicara dibandingkan dengan menggunakan teks penuh yang bisa membuat presenter terpaku pada paparan dan tidak berfokus pada audiens.

3. The Counselor

Prioritas: Kata-kata, struktur dan gambar

Kekuatan:

The counselor adalah pembicara yang fasih dan penuh percaya diri. Ide-ide mereka logis dan mudah dipahami

Kelemahan:

Presenter dengan tipe ini bisa jadi membosankan

McMahon menyarankan kliennya dengan tipe ini untuk menyertakan anekdot-anekdot dalam presentasi mereka dan memanfaatkan kefasihannya untuk terhubung dengan audiens

4. The Storyteller

Prioritas: Kata-kata, gambar, struktur

Kekuatan:

Storyteller mempunyai keunggulan dengan cara mereka bercerita dengan menggunakan perasaan dan ritme dan dengan mudah memenangkan perhatian audiens dengan cerita yang menghibur dan mendalam.

Kelemahan:

Audiens biasanya tertarik tentang cerita dari presenter namun kadang tidak mengerti apa yang dimaksud melalui cerita tersebut.

Saran dari McMahon adalah presenter dengan tipe ini harus membangun sebuah presentasi yang mampu mengarahkan audiens menuju pada kesimpulan tertentu

5. The Teacher

Prioritas: Struktur, kata-kata, gambar

Kekuatan:

The teacher unggul dalam menjelaskan ide yang rumit melalui langkah-langkah yang logis. Mereka sangat berhati-hati membangun kerangka presentasi mereka sehingga mereka mampu mengingat banyak informasi

Kelemahan:

The teacher bisa terlalu fokus pada ide dan papaparannya sehingga melupakan audiens.

Sebagai solusinya, teacher bisa menambahkan gambar-gambar sederhana dan menarik atau dengan sedikit humor.

6. The Producer

Prioritas: Struktur, gambar, kata-kata

Kekuatan:

The producer dapat membuat presentasi yang detail dan terstruktur dari awal hingga akhir. Mereka mengerti bagaimana inti dari presentasi akan terungkap. Mereka disebut produser karena suka bekerja di balik layar.

Kelemahan:

Meskipun paparan telah mereka susun dengan baik namun mereka bisa saja gugup ketika presentasi karena tidak terbiasa berbicara secara spontan di depan orang.

McMahon berpendapat bahwa presenter dengan tipe ini dapat membangun kepercayaan diri mereka dengan membuat sesuatu yang dapat menarik perhatian audiens di awal presentasi dan kemudian menjaga perhatian tersebut dengan memasukan pertanyaan-pertanyaan retoris.

Dari keenam tipe presenter tersebut, kamu yang mana, PRiders?

Sumber gambar: businessinsider.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>