Siapkah Brand Hadapi Generasi Z?
by , 11 June 2015
0
generasi-z

Sejak tahun 90-an hingga hari ini generasi terbentuk dengan dikelilingi oleh berbagai macam teknologi. Generasi ini merupakan generasi yang tumbuh dengan ponsel tanpa batas komunikasi dan bahkan lahir sebutan untuk generasi ini yaitu, “Generasi Z” atau “iGeneration” yang memiliki ciri khas mandiri, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan keterlibatan terhadap sesuatu yang tinggi. Bagi sebuah perusahaan atau brand, tentu dengan adanya Generasi Z ini mengharuskan perusahaan membuat berbagai macam strategi yang disesuaikan dengan target audience yang termasuk dalam “iGeneration”.

 Gen Z membuat brand perlu memiliki inisiatif yang tinggi dalam memilah dan menerka apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh publik. Di Amerika Serikat, generasi ini menyumbang 26% dari jumlah populasi sebagai target konsumen. Dalam meningkatkan dampak terhadap brand anda, perlu ada pertimbangan secara mendalam dalam menentukan ‘kepribadian’ brand anda. Anda perlu menentukan bagaimana personality yang akan dibentuk oleh sebuah brand yang disesuaikan dengan values perusahaan anda.

Langkah pertama dalam membangun brand anda adalah menentukan kepribadian yang disesuaikan dengan kepribadian target audience anda. Jika target audience anda adalah pribadi yang modern, menarik dan energik, sesuaikan values perusahaan serta performance perusahaan anda dengan ciri khas yang pasti membuat target audience anda nyaman, bahkan bangga menggunakan brand anda. Tentu perlu dilihat bahwa brand anda tetap mengusung keaslian karakter perusahaan yang dibandung. Carilah perbedaan yang unik dibandingkan dengan kompetitor anda untuk bisa membuat diferensiasi yang lebih sesuai. Jika anda memiliki target audience yang lintas generasi, perlu anda perhatikan peran dari para generasi muda yang juga akan menentukan selera pasar di masa yang akan datang. Mungkin anda perlu memerhatikan berbagai perkembangan media sosial dan mulai menganalisis bagaimana interaksi yang terjadi oleh para Generasi Z dalam menanggapi produk atau brand tertentu.

Langkah lainnya dalam mengembangkan personality dalam brand anda, antara lain:

  1. Bina keterikatan dengan pelanggan seperti teman sendiri
  2. Perhatikan siapa saja pelanggan setia anda
  3. Berikan pengalaman yang berkesan saat pelanggan mencoba menggunakan produk anda
  4. Tambahkan nilai visual yang menarik dalam setiap lini promosi anda
  5. Selalu berbagi nilai positif terhadap audience anda

Bagaimana? Siapkah anda menghadapi Generasi Z dalam mengembangkan bisnis brand anda, PRiders?

Referensi artikel: http://www.entrepreneur.com/article/246717

Sumber gambar: brandwatch.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>