Membangun Digital Personal Branding Gratis melalui Personal Web Page
by , 22 June 2015
2
Personal Branding

Pernahkah kita mencoba mengetik nama kita sendiri di mesin pencari? Informasi apa yang kita dapatkan? Sudahkah sesuai dengan jati diri atau personal branding yang ingin kita bangun?

Di era digital ini, orang dapat dengan mudah mencari informasi mengenai diri kita. Rekam jejak di internet bisa terpantau dengan mengetikkan nama kita di mesin pencari. Jika kita merupakan tokoh publik, barangkali berita-berita mengenai diri kita yang akan tampil di halaman pertama. Jika kita bukan merupakan tokoh publik, biasanya akun-akun media social kita yang terlihat di halaman pertama mesin pencari.

Kaitannya dengan rekam jejak, memastikan informasi yang tersedia tentang diri kita di internet merupakan salah satu hal penting untuk membangun personal branding. Tidak jarang, calon rekan bisnis, head hunter, HR sebuah perusahaan, atau masyarakat umum menjadikan informasi dari mesin pencari sebagai salah satu referensi. Bagaimana kita tampil di internet bisa menjadi jalan bagi banyak pihak untuk lebih mengenal kita.

Saat ini, ada banyak sarana yang bisa kita manfaatkan untuk memperkenalkan diri kita di internet, salah satunya melalui personal web page di mana orang bisa mendapatkan banyak informasi mengenai kita. Mulai dari latar belakang, pendidikan, pekerjaan, hingga proyek-proyek yang pernah kita kerjakan.

Hal menarik dari keberadaan personal web page adalah bahwa ternyata terdapat banyak website yang menyediakan layanan ini secara gratis dan mudah. Kita cukup mengisi informasi tentang diri kita, memilih template yang kita inginkan dan Personal web page kita siap dipublikasikan.

Beberapa website yang menawarkan jasa personal web page gratis, antara lain:

  1. Branded.me
  2. About.me
  3. Flavors.me
  4. Weebly.com
  5. Wix.com

Personal web page membantu kita membangun profil kita di ranah digital. Web page yang kita buat akan tampil di mesin pencari dan menjadi salah satu saluran yang dapat diakses untuk mengenal kita. Informasi-informasi yang kita sediakan di sana akan mempengaruhi bagaimana orang-orang mempersepsikan diri kita. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi kita untuk mencoba memaksimalkan personal branding kita melalui personal web page yang mudah dan gratis ini. Tertarik untuk mencoba?

 

Penulis: Mohammad Rieza Rakhman

Alumni Fakultas Psikologi UGM

Penyuka kajian psikologi sosial & perilaku konsumen

Sumber gambar: v3mg.com

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>