Ankatama, Orang Dibalik Viralnya Kisah Tentang Supir Bluebird Inspiratif
by , 8 May 2015
0
Ankatama

Rabu (7/5) lalu, redaksi PRide sempat mengontak Ankatama Ruyatna, penyiar Gen FM yang belakangan santer ramai di media sosial akibat postingannya mengenai kisah Bapak Alex, supir Bluebird yang inspiratif. Perempuan kelahiran Bern, Swiss tanggal 24 Maret 1988 ini mengisahkan tentang pertemuannya dengan Pak Alex Ridwan yang tidak sengaja saat ia menumpang taksi yang disupiri oleh Pak Alex.

Dalam percakapan via telepon, perempuan yang biasa dipanggil Anka ini menceritakan bagaimana kronologis kisah pertemuannya dengan Pak Alex, berikut penggalan percakapannya:

Ceritanya bagaimana bisa ketemu dengan Pak Alex?

Waktu itu kayak hari biasa pada umumnya, aku lagi ada urusan di daerah Senopati, mau berangkat naik taksi. Waktu itu dianter ayahku sampe depan Bintaro Plaza, dan randomly aja nyetopin taksi Bluebird dan naik. Ternyata supirnya itu pak Alex.

Trus gimana bisa tau kisah Pak Alex?

Waktu itu iseng nanya sama Pak Alex karena aku liat dia masang foto anak bungsunya di setirnya. Aku tanya kenapa pasang foto anaknya, dan Pak Alex dengan santainya jawab biar semangat cari uang karena mau ngasih kado untuk anaknya yang lagi sakit typhus dan minggu depan mau ulang tahun. Pak Alex bilang ia mau kasih kado tas untuk anaknya dan ajak makan di KFC saat anaknya ulang tahun. Pak Alex itu cerita dengan santai dan ngga ada nada ‘begging’ pertolongan sama sekali. Disini yang bikin aku terharu.

Akhirnya kamu share ke socmed?

Iya, aku kan anaknya emang mellow banget nih, karena empathy yang terlalu tinggi dan kebetulan aku ‘anak-ayah’ banget jadi aku share deh. Abis cerita kayak gini jarang kan orang share, selama ini kasih orang tua pada anak sering terpusat pada ibu, aku terenyuh sama cerita Pak Alex yang sangat berusaha untuk memberi kebahagiaan untuk anaknya dengan bekerja keras. Anaknya pak Alex abis sakit typhus diopname di Rumah Sakit dan Pak Alex ngga bisa nebus obat anaknya yang harganya 680 ribu. Aku jadi terharu liat kegigihan pak Alex yang bekerja untuk keluarganya dan aku jadi pengen ikut bantu. Hal kayak gini yang sebenernya orang lain juga punya hal yang mirip, tapi ngga tau kenapa hari itu aku mellow aja dan langsung mau share. Aku literally nangis abis denger ceritanya Pak Alex, hehe.. Terharu soalnya.

Path socmed

Gimana ceritanya bisa jadi viral?

Nah, itu dia.. Aku kan share ke path aku.. Mungkin karena aku orang media, dan temen-temen di path aku juga banyak orang media, jadi mereka ngerasa cerita Pak Alex ini inspiring dan yaudah di share aja gitu ke akun mereka masing-masing. Eh, lucunya, jadi banyak yang langsung kontak aku. Bahkan temenku yang tinggal di China pun jadi langsung kontak aku, beberapa temenku juga kontak aku untuk berinisiatif memberikan bantuan dana untuk Pak Alex. Bahkan setelah itu, Alhamdulillah, Mas Adib Hidayat Rolling Stone, Personil CJR dan juga Billy Boen langsung kontak aku menawarkan berbagai bantuan termasuk menghubungi pihak Bluebird dan KFC.

Akhirnya kamu ikut memberikan bantuan untuk Pak Alex?

Iyah, pada saat itu karena temen-temenku ada yang ingin memberikan bantuan langsung, jadi aku langsung ngambil dana di ATM, trus langsung aku kasih ke Pak Alex. Saat itu haru banget, Pak Alex kaget dan terharu mendapat bantuan titipan dari temen-temenku yang jumlahnya Alhamdulillah lebih dari cukup untuk menebus obat anaknya. Pak Alex saat itu nangis gak kuat menahan haru, eh aku juga ikutan nangis.. hehe

Trus kelanjutannya setelah itu gimana?

Nah, setelah itu jadi makin banyak yang kontak aku karena katanya mereka jadi ikut terinspirasi kisah Pak Alex dan mau ikut bantu. Pak Alex banyak diundang ke media, dan aku dapet kabar kalau KFC memberikan hadiah untuk Pak Alex merayakan ulang tahun anaknya, begitu juga pihak Bluebird yang memberikan hadiah. Aku juga kemarin diundang ke acara ulang tahun anaknya yang diadain di KFC Gaplek, seneng banget rasanya akhirnya bisa ketemu dengan keluarga Pak Alex dan anak bungsunya, Rangga. Seneng liat akhirnya impian Pak Alex dan keluarga bisa terwujud.

Perayaan Ultah Anak Pak ALex

Gimana rasanya jadi orang yang secara tidak langsung punya andil dalam kisahhidup Pak Alex ini?

Pasti ngga nyangka banget lah. Ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam hidup aku. Pasti seneng banget begitu tau kita bisa bermanfaat bagi orang lain. I just realized that social media does really matters to change someone’s life. Dari viralnya apa yang aku share, ternyata bisa bikin orang lain tergerak dan turut ambil bagian dalam mewujudkan mimpi Pak Alex. Seneng banget rasanya tau kalau hal kecil yang aku lakuin justru berdampak positif. Terlebih saat melihat raut bahagia Pak Alex dan keluarganya saat merayakan ulang tahun Rangga kemarin. Jadi kebahagiaan tersendiri buat aku, Alhamdulillah. Terima kasih buat semua pihak yang telah berperan mewujudkan kebahagiaan Pak Alex dan keluarga.

Kompas TV

Nah, kira-kira begitulah percakapan antara Tim Redaksi PRide dengan Ankatama, sebuah kisah yang menarik tentang sisi lain Anka yang menjadi orang pertama yang share mengenai kisah Pak Alex Ridwan. Tanpa disangka, apa yang dilakukan Anka menjadi social media movement yang dengan murni dilakukan untuk saling bahu-membahu memberikan hal positif untuk Pak Alex dan keluarga. Mengutip ucapan Anka, Social media does really matters for changing someone’s life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>