5 Hal Penting dalam Media Relation
by , 5 May 2015
0
httpexternuscomm

Hubungan antara seorang Public Relations (PR) dan jurnalis adalah salah satu kunci agar pesan dapat tersampaikan secara meluas di masyarakat. Seorang PR dapat menjadi penghubung melalui wartawan hingga informasi tersebut dapat disampaikan kepada masyarakat melalui media yang ada seperti televisi, koran, majalah, radio ataupun internet. Atas dasar itulah, maka seorang PR harus menjaga hubungan yang sangat baik dengan rekan-rekan jurnalis, hal ini merupakan hal kunci yang tak bisa ditawar-tawar. Hubungan baik yang terbina antara seorang PR dengan rekan media dapat membuat alur informasi tersampaikan dengan efektif.

Lantas bagaimana cara kita selaku praktisi PR membangun hubungan yang baik dengan jurnalis? Berikut ini terdapat 5 langkah yang diberikan oleh Veronica Herico, seorang konsultan meda relations dari Eastwick, Agensi PR yang berbasis di Amerika Serikat

  1. Perlakukan jurnalis sebagai teman 

edelman.id

Seperti kita, jurnalis adalah seorang manusia yang sama seperti kita. Ingatlah hal tersebut saat kita akan mengundang para jurnalis dalam sebuah acara. Tak perlu menulis email terlalu formal, dipenuhi dengan jargon-jargon yang justru membuat email kita membosankan. Apabila kita ingin rekan jurnalis memberi respon atas undangan yang kita berikan, buatlah undangan itu singkat, menarik dan pastikan undangan tersebut punya nilai personal. Ya meski hubungannya profesional, kita tetap harus membangun hubungan personal dengan para jurnalis.

  1. Jangan malas, kita harus lebih rajin agar memudahkan pekerjaan para jurnalis

shutterstock

Apakah kamu merasa terkadang inbox-mu penuh dengan email? Ya, bayangkan itu yang terjadi pada jurnalis. Mereka mendapatkan puluhan, mungkin ratusan undangan setiap harinya. Terkadang email yang mereka terima itu banyak yang tidak sesuai dengan desk liputan yang menjadi tanggung jawab mereka. Bagaimana solusinya? Kita bisa lakukan penelitian sederhana dengan memerhatikan akun media sosial mereka mengenai apa yang menjadi keahlian atau minatnya atau bahkan melihat berita yang biasa diproduksi. Ini akan memudahkan kita menyortir wartawan mana yang cocok untuk meliput kegiatan kita. Apabila ia tak terlalu cocok dengan topik yang akan kita angkat, cari wartawan lain yang mungkin lebih cocok.

  1. Pahami konsep timbal balik

Therapeutic_casework_image_hands_helping_each_other_banner

Konsep media relation yang baik didasarkan pada keseimbangan antara memberi dan menerima. Katakan dengan jelas apa yang bisa kita sediakan terhadap wartawan. Upayakan untuk menawarkan waktu eksklusif kepada mereka untuk dapat bertemu dengan CEO dari perusahaan atau klien kita. Tawarkan juga informasi atau cerita yang sekiranya mereka butuhkan dalam membuat berita.

 Ketika kita  bisa menyediakan narasumber yang tepat dan sesuai dengan lingkup berita mereka, maka mungkin saja mereka akan menghubungi kita untuk hal-hal lain dikemudian hari. Perlu diperhatikan bahwa, kita jangan hanya menghubungi saat membutuhkan mereka. Namun pastikan pula kita selalu ada untuk para jurnalis.

  1. Selalu follow-up

askmen

Seorang wartawan tentu memiliki banyak sekali email dalam inbox mereka. Jadi tugas kita adalah untuk terus mengingatkan mereka agar informasi atau undangan yang kita sampaikan tidak terlewat. Perlu diperhatikan bahwa, jangan sampai kita mengingatkan mereka dengan cara yang membosankan. Kirim pesan singkat yang sopan dan jangan sampai membuat mereka terganggu. Kita pun akan terganggu bukan apabila terus menerus dihubungi untuk sesuatu yang sama, bukan?

  1. Berikan apresiasi tulus

Shaking-Hands-Web1

Attitude adalah hal yang utama. Memberikan kesan yang baik tanpa berpura-pura adalah hal yang positif. Berikan apreasiasi positif kepada rekan jurnalis dengan tulus, missal jangan lupa untuk selalu ucapkan terimakasih. Setelah melakukan briefing, setelah kegiatan kita diliput dan diangkat dalam pemberitaan atau bahkan saat mereka menyatakan tak bisa hadir meliput acara kita. Apresiasi dalam bentuk ucapan santun dan ucapan terimakasih adalah trik lama yang akan selalu manjur kita terapkan dalam situasi apapun untuk menjaga hubungan baik dengan orang lain.

Kira-kira dari lima tips ini, yang manakah yang sudah kamu lakukan dalam kegiatan media relations anda, PRiders?

Sumber gambar:

edelman.id, refugeecouncil.org.uk, askmen.com, shutterstock.com, httpexternuscomm.ch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>