7 Langkah Memulai Personal Branding
by , 14 April 2015
0
3707187124_546942ec87

Semakin meningkatnya penggunaan internet telah mempengaruhi cara setiap orang dalam membangun personal branding. Internet secara tidak langsung membuat informasi tentang seseorang menjadi tak lagi sama. Berikut ini beberapa langkah untuk membangun personal branding-mu di dunia maya.

  1. Ketahui dirimu dan apa keahlianmu

Tidak mungkin bagi kita untuk membangun personal branding tanpa mengetahui diri kita sendiri. Minimal kita harus mengetahui tiga hal ini: Pertama apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan diri kita. Kedua, hal apa yang kita suka lakukan. Ketiga, skill apa yang kita miliki.

  1. Buatlah satu nama yang melekat pada diri

Ya! PRiders harus tentukan pribadi kita ingin dikenal sebagai apa. Misal, bisa saja kita membentuk nama panggilan tertentu. Ini penting untuk karir kita kedepan karena orang lain akan lebih mudah mengenali kita.

  1. Amankan aset di Media Sosial

Aset yang dimaksud disini adalah nama di Facebook, Twitter ataupun di Google+. Amankan nama akun baik untuk username ataupun link akun media sosial. Bahkan jika perlu, segera membeli domain website yang menggunakan nama kita. Meski PRiders belum akan mengaktifkan website tersebut, tidak ada salahnya mengamankannya terlebih dahulu.

  1. Pastikan media sosial aktif

Tidak harus terlalu sering, namun ketika orang lain melihat, pastikan media sosial kita update secara berkala. Ini menunjukkan bahwa PRiders memang berkomitmen pada suatu hal dan tidak menganggapnya remeh.

  1. Berbagi konten yang bermanfaat

Meski tidak terupdate setiap hari, pastikan saat diupdate, kita membagikan konten-konten yang bermanfaat. Sesuaikan konten yang diupdate sesuai dengan personal branding yang akan dibentuk. Lewat aktifitas ini, image tentangmu akan menjadi positif.

  1. Minta pendapat orang yang kepercayaan

Kita bisa menanyakan kepada orang-orang di sekitar mengenai hasil usaha kita dalam membangun personal branding. Apakah mereka sudah cukup menangkap personal branding-mu dengan mudah? Atau mereka masih kesulitan dalam memahami siapa diri kita?

  1. Tetap jadi diri sendiri

Sebesar apapun usaha dalam mengemas diri saat melakukan personal branding, pastikan PRiders tetap merasa nyaman dengan diri sendiri. Jangan sampai mengubah terlalu jauh diri kita yang asli hingga menjadi orang lain.

Nah, itulah 7 langkah sederhana yang akan membantu kita dalam membangun personal branding. Kira-kira langkah mana yang selama ini sudah anda lakukan, PRiders?

Sumber gambar: howdoyouplay.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>