Service yang Menjual, Pentingkah?
by , 2 March 2015
0
136e993

Untuk meningkatkan penjualan, perusahaan/organisasi pada umumnya mengandalkan iklan. Mereka menganggap bahwa iklan mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang produk mereka dan bertujuan untuk mendorong masyarakat menggunakan produk tersebut. Namun di sisi lain, penggunaan media iklan sebagai sarana promosi tentulah membutuhkan dana yang besar. Terlebih jika iklan tersebut dipasarkan di media elektronik seperti saluran TV swasta maupun lokal.

Setelah banyak mengeluarkan dana untuk biaya iklan tentu perlu diimbangi dengan ketersediaan dana produksi. Maka yang akan dipikirkan kemudian adalah strategi untuk meningkatkan Return of Investment (ROI). Tentu saja biaya iklan tersebut harus dapat ditutupi dengan pendapatan yang besar. Namun tidak menutup kemungkinan jika strategi tersebut justru menjadi bumerang bagi perusahaan jika ternyata ROI-nya tidak sesuai dengan yang ditargetkan.

Pada akhirnya, iklan tidak menjadi instrumen satu-satunya untuk meningkatkan penjualan tetapi perlu didukung oleh instrumen-instrumen yang lain dan salah satunya adalah menggunakan strategi Public Relations (PR). PR mengambil peran penting dalam meningkatkan penjualan perusahaan karena dapat memberikan dampak yang signifikan meskipun dengan biaya yang kecil.

PR dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan agar mendapat kepuasan jangka panjang terhadap perusahaan kita. Kepuasan pelanggan bisa tercapai dengan menyediakan pelayanan yang baik dengan hadir di berbagai saluran komunikasi yang juga digunakan oleh pelanggan tersebut. Salah satunya melalui media online, PR perusahaan dapat memanfaatkan media online untuk berkomunikasi dan memberikan pelayanan yang baik ketika pelanggan mengalami masalah dan juga dapat menyebarkan testimoni yang baik dari pelanggan yang puas saat menggunakan produk tersebut.

Pelanggan yang puas akan cenderung melakukan pembelian ulang. Tidak hanya sampai disitu, seperti efek bola salju, pelanggan yang puas juga akan merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain. Di Indonesia terutama, rekomendasi dari orang lain terhadap suatu brand/produk memiliki kekuatan yang lebih ampuh dari iklan. Masyarakat lebih memercayai opini pihak ketiga karena orang tersebut tidak berasal dari perusahaan penyedia produk tersebut tetapi opini yang dibentuk berdasarkan pada pengalaman selama menggunakan layanan/jasa ataupun produk dari perusahaan tersebut.

Untuk menjaga kepuasan pelanggan, salah satunya adalah dengan menjaga kualitas layanan dan memberikan solusi yang terbaik bagi setiap permasalahan dan bisa memenuhi ekspektasi pelanggan. Jika kualitas layanan tersebut secara konsisten dijaga tentu penjualan poduk akan semakin meningkat dan bisa menjadi Word-of-Mouth di kalangan pelanggan. Jadi, bijaklah dalam menentukan strategi penjualan anda terutama dalam menjaga kepuasan pelanggan.

image source: media.licdn.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>