Riset sebagai Bumbu Penting Bagi Efektivitas PR
by , 3 March 2015
0
research

Banyak praktisi Public Relations (PR) yang menyatakan bahwa komunikasi dan strategi adalah skill yang paling penting. Namun, pada kenyataannya, skill tidak dapat digunakan dengan maksimal tanpa dasar riset yang kuat. Penting untuk tahu apa yang dibutuhkan klien dan sumber daya yang tersedia untuk membuat perencanaan PR yang bagus. Hal ini seperti ketika kita ingin membuka cafe, kita perlu tahu apa saja minuman atau makanan yang diinginkan calon pelanggan, interior yang cocok untuk menciptakan atmosfir yang nyaman dan tempat serta waktu yang strategis untuk menjalankan bisnis kita.

Ada beberapa jenis riset dalam PR, misalnya industry research, market research, news tracking dan analisis kompetitor. Setiap kegiatan PR membutuhkan riset yang berbeda, tetapi satu hal yang pasti, riset akan selalu krusial untuk mendukung setiap perencanaan PR kita.

Riset membantu kita membuat tujuan yang jelas. Ketika dilakukan dengan benar, riset akan menghasilkan informasi terukur yang netral dan tidak bias terhadap satu pihak. Riset membuat kita lebih memahami publik sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah. Hal ini akan memudahkan kita untuk menentukan pasar yang tepat dalam mempromosikan barang atau jasa melalui analisa tingkah laku, gaya hidup dan pilihan target pasar kita.

Riset dalam PR membuat kegiatan PR menjadi lebih strategis sehingga memastikan bahwa strategi komunikasi yang ditargetkan pada publik dapat berjalan dengan tepat sasaran. Selain menentukan lokasi secara demografis, kita perlu menganalisa tingkah laku, gaya hidup dan pilihan target pasar kita sehingga riset mencegah kita menghabiskan dana untuk melakukan kegiatan komunikasi yang bukan bagian dari tujuan kita.

Dalam bisnis komunikasi, riset akan membuat kita mengerti klien, sehingga kita bisa menunjukkan alasan mengapa kita memilih publikasi melalui channel tertentu, atau mengapa kita memilih suatu tagline atau bagaimana kita bisa memilih hal-hal yang bisa berkontribusi untuk rencana besar kita dengan klien dan menentukan media untuk menyampaikan pesan kita atau klien.

Di tengah perkembangan pesat dunia PR, sekarang tidak dipungkiri lagi bahwa riset merupakan metode yang mulai banyak dikembangkan dalam memformulasikan perencanaan PR. Riset adalah metode yang sangat potensial untuk membangun pondasi PR yang kuat.

Image source: pulsosocial.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>