Kompetisi News Share Pada Industri Smartphone di Indonesia
by , 17 March 2015
0
Smartphone-Market-In-2015,-The-Name-Will-Be-Mentioned

Smartphone sudah bukan merupakan barang mewah lagi di Indonesia. Bahkan, satu orang dapat dikatakan memiliki paling tidak dua smartphone. Persaingan dalam industri smartphone ini berjalan ketat dan sangat dinamis. Tidak hanya dalam pemasarannya, tetapi juga dalam pemberitaan.

Berdasar riset mandiri berupa analisis isi media yang dilakukan AsiaPR terhadap 5 koran nasional dan 33 koran lokal yang tersebar di 34 provinsi dalam periode 15 Januari s.d 31 Januari 2015, Samsung mendominasi pemberitaan, tetapi tidak untuk pemberitaan pada periode 15 Januari – 16 Februari 2015 ini. Apple tidak tingggal diam. Hal ini dibuktikannya dengan hasil menggeser posisi Samsung sebagai brand yang paling mendominasi pemberitaan di media cetak, baik lokal maupun nasional. Pemberitaan tentang Apple mendominasi sebanyak 11.97% yang didominasi oleh berita terkait dengan peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, kehadiran Iphone6 di pasar smartphone Indonesia serta penjualan dan program bundling iPhone 6 oleh distributor atau toko ponsel .

TOP brand smartphone landscape

Tidak mau kalah, Samsung berada pada poisisi kedua dengan total pemberitaan sebesar 11.37%. pemberitaan tentang Samsung didominasi oleh isu tentang Galaxy S6, Galaxy  A5 dan A3 serta sistem operasi Tizen untuk Smartphone Samsung. Menyusul posisi Samsung, Oppo muncul pada peringkat ketiga dengan proporsi berita sebanyak 10.77%. Isu yang mendominasi adalah tentang Oppo N3 yang dilengkapi kamera putar  serta Oppo R5 yang memiliki fitur pengisian daya dengan cepat. Pada posisi empat dan lima, Evercross (5.98%) dan Nexian (5.38%) muncul dengan dominasi isu pemberitaan terkait dengan  sistem  operasi  androidone yang dibenamkan pada kedua brand smartphone tersebut.

Dari 114 pemberitaan tentang smartphone, sentimen positif sangat mendominasi pemberitaan dengan jumlah 106 berita (93%). Sementara untuk pemberitaan dengan sentimen netral berjumlah 6 berita (5%) dan pemberitaan dengan sentimen negatif hanya 2 berita (2%).

pPada periode ini, Peluncuran Produk menjadi isu yang paling banyak diberitakan oleh media, yakni sebanyak 59,64% (muncul 68 kali).  Selain itu,  terdapat  beberapa  isu yang  terkait dengan produk seperti inovasi produk yang muncul sebanyak 9 kali (7,89%), aktivitas produksi  yang muncul sebanyak 8 kali (7,01%) dan profil produk smartphone yang muncul sebanyak 7 kali (6,14%).

Sedangkan dari sisi media, Koran Sindo sebagai media cetak nasional merupakan media yang paling banyak memberitakan tentang smartphone dengan jumlah 10 berita (8,77%). Meskipun merupakan media lokal, tetapi Tribun Timur menjadi media pada urutan kedua yang paling banyak memberitakan tentang smartphone sebanyak 9 berita (7,89%). Setelah itu, posisi ketiga ditempati oleh Padang Ekspress sebanyak 8 berita (7,01%). Sedangkan di urutan empat dan lima, Investor Daily dan Pikiran Rakyat sama-sama memberitakan sebanyak 7 berita (6,14%).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>