Kekeluargaan dalam Perusahaan, Peran Siapa?
by , 4 March 2015
0
quote_emplyoees-17537

Membangun sebuah tim yang solid dalam sebuah perusahaan merupakan perkara yang tidak mudah. Menyatukan berbagai macam karakter individu yang berbeda umur, latar belakang, pendidikan, dan kelas sosial merupakan tantangan bagi sebuah perusahaan. Perusahaan harus mampu membuat orang-orang yang berada di dalamnya merasa dihargai dan saling memilki satu sama lain. Mengapa hal tersebut penting? Karena, rasa nyaman, dihargai, dan saling memilki tersebut yang akan membuat kinerja karyawan menjadi lebih baik.

Dalam hal ini peran seorang Public Relations (PR) menjadi sangat penting. Sebagai sebuah jembatan proses komunikasi, seorang PR tidak boleh hanya terfokus dengan komunikasi public external saja, tetapi juga komunikasi dengan publik internal seperti karyawan. Karyawan dapat diibaratkan duta dari perusahaan yang akan mencerminkan perusahaan tersebut di masyarakat, apabila perusahaan tidak dapat membuat proses komunikasi dan membuat karyawan merasa nyaman, maka output yang akan terlihat dimata masyarakat menjadi buruk dan akan menurunkan citra perusahaan dimata masyarakat.

Terdapat berberapa cara yang dapat diterapkan oleh seorang PR Internal untuk meningkatkan rasa kekeluargaan, contohnya:

  • Gathering rutin internal

Mengadakan gathering setiap tahun merupakan salah satu cara untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dalam sebuah perusahaan. Melalui kegiatan-kegiatan yang menarik, setiap karyawan dapat berinteraksi dengan santai dan lebih mengenal secara pribadi karyawan lain. Hal ini dapat berdampak positif karena dengan mengenal karakteristik satu sama lain, proses komunikasi dan pendekatan komunikasi yang dilakukan di kantor bisa lebih baik.

  • Perayaan hari-hari besar keagamaan

Indonesia merupakan negara yang majemuk, terdiri dari berbagai macam suku bangsa, agama, dan budaya. Perusahaan yang baik tentunya akan menghargai perbedaan tersebut dan menunjukkan rasa toleransi antar umat beragama. Melalui acara seperti halal bihalal atau perayaan natal, karyawan dapat menumbuhkan rasa toleransi satu sama lain.

  • Internal magazine

Internal Magazine merupakan salah satu media yang dapat digunakan seorang PR untuk meningkatkan rasa kebersamaan antar karyawan. Biasanya dalam internal magazine akan memuat mengenai informasi perusahaan yang perlu diketahui oleh seluruh karyawan. Dengan memberi tahu informasi tersebut, diharapkan bias menimbulkan rasa dihargai oleh perusahaan kepada karyawan.

  • Internal milis / Grup komunikasi

Perusahaan dapat memanfaatkan kemajuan internet dan teknologi untuk memberikan informasi secara cepat kepada seluruh karyawan contohnya memberikan informasi mengenai rapat atau menyebarkan berita penting ketika perusahaan menghadapi krisis. Melalui internal milis, informasi yang disampaikan dapat lebih efektif dan efisien. Terkadang di satu bagian / divisi juga internal milis bias beragam bentuknya, ada yang berupa milis email ataupun berupa grup komunikasi menggunakan aplikasi whatsapp/ bbm/ line atau lainnya.

  • Memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada setiap karyawan perusahaan

Setiap orang akan merasa senang jika dihari ulang tahunnya, orang lain memberikan ucapan. Sama halnya dengan karyawan perusahaan. Menerima ucapan selamat ulang tahun dari perusahaan akan membuat mereka merasa diperhatikan dan diperdulikan.

Dengan kemajuan teknologi, ucapan tersebut dapat diberikan melalui e-mail atau internal milis yang dimiliki oleh perusahaan.

Beberapa cara di atas hanya sebagian kecil hal yang dapat dilakukan seorang internal PR. Tentunya cara tersebut belum tentu berhasil disetiap perusahaan karena setiap perusahaan pasti memiliki karakteristik yang berbeda. Namun, dengan meningkatkan rasa kekeluargaan, karyawan akan merasa nyaman, aman, dan dihargai sehingga kinerja karyawan akan meningkat dan tentunya akan meningkatkan income perusahaan.

Contributor:

Pratama Naim / Debby Zendrato

Image Source: virgin.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>