Brand Lebih Dari Sekedar Nama
by , 18 March 2015
0
personal-branding-by-theavinashmishra

Menurut PRiders, apa itu Brand? Brand atau merek bukan hanya sebuah nama dari suatu produk. Brandmerupakan visi yang melekat dalam suatu produk atau jasa. Visi dan keyakinan serta nilai utama yang terdapat dalam brand disebut dengan identitas brand atau brand identity. Kompetisi modern menyebutkan bahwa terdapat dua alat utama dalam brand management yaitu: “Brand Identity” yang mengandung nilai serta keunikan brand serta “Brand Positioning” yaitu pembeda utama yang membentuk preferensi pada sebuah pasar dan waktu yang spesifik bagi suatu produk.

 

Brand Identity

Dalam brand, persepsi sangat esensial, oleh karenanya dalam konteks komunikasi, “Brand Identity” diinterpretasikan sebagai suatu pesan tunggal yang dapat mewakili variasi produk, aksi dan komunikasi. Pesan tunggal yang jelas dan kuat dalam sebuah brand sangat pentinguntuk memperkuat pesan organisasi kita di benak konsumen di tengah banyaknya paparan pesan melalui iklan dari berbagai brand.

Dalam konsep brand identity, diversifikasi menjadi unsur utama yang harus dilakukan untuk memperkuat identitas baik diversifikasi logo (grafis, warna, desain dan huruf) maupun dari sisi inovasi produk dan layanan. Brand Identity dapat didefinisikan secara jelas dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

  • Apa visi dan yang akan dicapai dari sebuah brand?
  • Apa yang membedakan?
  • Apa yang dibutuhkan brand?
  • Apa kealamian permanen dari sebuah brand?
  • Apa saja nilai-nilai dari brand?
  • Apa kompetensi dari brand?
  • Apa tanda yang dapat membuat brand dapat diterima?

 

Brand Positioning

Positioning merupakan konsep yang krusial karena mengingatkan kita bahwa seluruh pilihan konsumen didasari oleh perbandingan antara satu brand dengan brand yang lain. Dengan demikian positioning berarti membedakan suatu brand dengan kompetitor. Positioning juga dapat didefiniskan dengan menjawab pertanyaan di bawah ini:

  • Apa manfaat sebuah brand? Bagaimana komitmen brand atau “brand promise”?
  • Untuk siapa brand ini ditujukan? Siapakah target audiensnya?
  • Alasan? Merujuk pada elemen, faktual atau subjektif yang dapat mendukung manfaat.
  • Siapa yang dihindari brand? Dalam konteks kompetisi saat ini, pertanyaan ini merujuk pada pendefinisian siapa kompetitor brand

Brand Identity dan Positioning pada intinya adalah melakukan diferensiasi melalui identitas yang dibangun untuk bersaing merebut perhatian konsumen dalam kompetisi pasar. Brand merupakan nilai, tujuan, keyakinan dan personaliti yang dilekatkan sehingga dapat dipersepsikan positif dan diingat khalayak ketika sudah dikomunikasikan. Diferensiasi sebuah brand untuk memperkuat brand identity dan brand positioning dapat dilakukan dengan memberikan perbedaan tipe produk, nama sebuah brand, karakter brand, simbol-simbol visual, akar geografi dan budaya, serta visi yang kuat.

Penulis: Intan Tanjungsari

Sumber gambar: charitynetusa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>