Public Relations (PR) merupakan suatu profesi dan ilmu yang memiliki ruang gerak luas. Fungsi utamanya ialah memberi identitas organisasi, lembaga, dan atau brand secara tepat dan benar serta mampu mengomunikasikannya.
Memasuki era normal baru, berbagai aspek kehidupan mengalami proses adaptasi. Tantangan bagi dunia PR saat ini, yakni bagaimana membangun citra dan reputasi perusahaan di tengah pergerakan tren yang dinamis. Salah satu di antaranya, bagaimana membangun engagement melalui komunikasi yang terstruktur.
“Dengan membangun nation branding, Indonesia akan memfokuskan diri terhadap kreatifitas di semua sektor. Meningkatnya ekspor produk kreatif ke luar negeri dan rasa bangga dalam diri rakyat adalah efek yang mucul”- (Menteri Perdagangan RI, 2009 dalam Burhani, 2009:5)
Kompetisi bisa jadi salah satu metode belajar komunikasi. Selain, kamu dapat mengaplikasikan berbagai teori dalam perkuliahan juga menjadi ajang untuk kamu memperluas jaringan dengan calon-calon praktisi handal. Jika kamu berhasil memenangkan, pencapaian itu bisa jadi nilai plus dalam CV sebagai salah satu prestasi akademik.
Saat ini berbagai perguruan tinggi yang memiliki jurusan Ilmu Komunikasi berinisiatif menyelenggarakan kompetisi dengan keunikannya masing-masing. 5 kompetisi berikut merupakan acara tahunan skala nasional yang harus Priders coba ikuti.
Sebagian orang mendiskusikan hal ini. Keduanya akan menjadi hal yang krusial dalam efisiensi organisasi. Public Affairs biasanya berhubungan dengan urusan publik secara langsung. Seperti Undang-Undang, kebijakan, administrasi publik, dll. Sedangkan Public Relations fokus pada hubungan antara perusahaan dan publik. Public Relations dapat meningkatkan hubungan dengan menerapkan kebijakan melalui siaran pers. Public Relations sering dianggap sebagai perpanjangan dari departemen periklanan.