5 Contoh Gambaran Corporate Social Responsibility (CSR)
by , 5 March 2015
0
csr

Hi PRiders, jika pada artikel sebelumnya tertuang bagaimana CSR dilihat dari konsep sejarah. Kali ini kami akan memberikan sedikit informasi kepada PRiders mengenai contoh kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar di dunia. Semoga ini akan menambah ide kreatif sekaligus menambah kepedulian kita untuk melakukan kegiatan CSR.

Perusahaan yang memiliki kebudayaan sosial yang bagus akan dikenal sebagai perusahaan yang tidak hanya mementingkan kepentingan sendiri, bisnis bukan merupakan satu-satunya dimensi yang penting, namun kepedulian terhadap masyarakat juga penting.

Berikut beberapa contoh inisiatif perusahaan yang dilakukan sebagai  bentuk tanggung jawab perusahaan (CSR):

  1. IBM, percaya pada Corporate Citizenship. Proyek sosial mereka diperpanjang melalui isu-isu sosial. Karyawan menjadi relawan dalam upaya lingkungan, pembangunan masyarakat ekonomi, pendidikan, kesehatan, melek huruf, bahasa dan budaya. IBM juga telah membentuk, “On Demand Community” yang memungkinkan karyawan dan pensiunan untuk menemukan peluang sebagai relawan, melalui berbagai pelatihan dan penempatan.
  2. Dell, memberi dukungan kepada lebih dari 4.615 badan amal di seluruh dunia. Dell Youth Connect menyediakan teknologi dan fasilitas pendidikan di 11 negara. The Dell Social Innovation Challenge menyediakan dana dan bimbingan kepada mahasiswa untuk proyek-proyek yang mampu memecahkan permasalahan-permasalahan sosial. Untuk program bantuan bencana, Dell menyediakan bantuan holistik untuk masyarakat yang terkena dampak bencana alam di seluruh dunia. Karyawan Dell merupakan kekuatan sosial yang pantas diperhitungkan.
  3. Verizon, dengan bangga mendukung kemurahan hati karyawan mereka. Program “The Verizon Matching Gifts” mencocokkan bantuan keuangan pegawai 1:1 untuk organisasi yang berkualitas. Semangat memberi tidak berhenti di situ. Verizon juga mendorong karyawannya untuk menjadi relawan. Jika karyawan masuk lebih dari 50 jam pada suatu organisasi, mereka dapat mengajukan sebesar $ 750 hibah yang akan diberikan kepada organisasi tersebut dari Verizon.
  4. Unilever, sebagai induk untuk lebih dari 200 merek yang fokus pada kesehatan dan kesejahteraan, Unilever memiliki dedikasi luar biasa dalam hal tanggung jawab sosial. Salah satu bentuk tanggung jawab sosial yang dilakukan, mereka memiliki tujuan untuk memperbaiki wilayah sekitar melalui strategi yang inovatif. Upaya tersebut diwujudkan dalam sebuah platform online untuk solusi yang berkelanjutan. Hal ini merupakan upaya terbaru untuk mengurangi dampak lingkungan yang besarnya dua kali lipat. Pada situs tersebut, Unilever telah mempublikasikan daftar lebih dari sepuluh “wants”, yaitu daerah-daerah yang mencari solusi-solusi inovatif. Mereka meminta agar para pemangku kepentingan (stakeholder) dan stakeholder potensial berbagi ide-ide asli, mutakhir melalui portal pendaftaran online dari yang  proposisinya disaring dan dimanfaatkan. Mengundang keterlibatan dan saran publik adalah inisiatif CSR yang paling inovatif.
  5. Karyawan Deloitte memiliki kesempatan untuk memimpin atau pun menghadiri konferensi-konferensi yang memberikan pelatihan pada sukarelawan dan organisasi non-profit. Deloitte memiliki kesadaran yang tajam bahwa pelatihan karyawan pada program relawan berbasis keterampilan dan menjalankan fungsi non-profit memiliki keuntungan jangka panjang dan bermanfaat kelak bagi sang karyawan maupun bagi organisasi / perusahaan.

Setelah  melihat beberapa aktivitas CSR yang dilakukan beberapa perusahaan besar di atas dapat dilihat bahwa mereka sangat berkomitmen dalam melaksanakan tanggung jawab sosialnya. Hal ini merupakan contoh yang bagus bagi kita bahwa bisnis bukanlah segalanya. Masih terdapat hal-hal lain yang juga memiliki posisi penting. Bagaimana PRiders? Apakah artikel ini membuat anda semakin semangat untuk menyusun kegiatan CSR?

Sumber:

https://www.smartrecruiters.com/blog/top-10-corporate-social-responsibility-initiatives/

http://braveoneagency.com/top-5-innovative-csr-initiatives/

Image source: fiinovationblogs.files.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>