5 Brand Smartphone Dominasi Pemberitaan Media
by , 11 February 2015
0
bgr-best-smartphones-2013-1000

Tahun 2015, diperkirakan bakal semakin banyak pengguna ponsel yang bermigrasi dari HP biasa ke smartphone, karena semakin terjangkaunya harga smartphone. Persaingan brand smartphone menjadi suatu yang menarik untuk dikaji mengingat kompetisi smartphone cukup ketat dan masing-masing brand tentu berupaya untuk menarik atensi media.

click to enlarge

Berdasar riset mandiri berupa analisis isi media yang dilakukan AsiaPR terhadap 5 koran nasional dan 33 koran lokal yang tersebar di 34 provinsi dalam periode 15 Januari s.d 31 Januari 2015, terdapat lima brand smartphone yang mendominasi pemberitaan. Brand Samsung menempati urutan pertama dengan news share sebesar 13,41%. Urutan kedua ditempati oleh brand Oppo dengan news share sebesar 9,75%. Tiga brand selanjutnya yang mempunyai news share sama (6,09%) adalah Oppo, Lenovo, dan Sony. Total news share dari 5 brand smartphone tersebut mencapai 41,43 %. Sementara brand-brand lainnya dengan news share di bawah 5 % antara lain; HTC, Apple, Blackberry, Huwaei, Android One, Acer, Nokia dan ZTE. Total news share dari brand-brand lain tersebut mencapai 58,57 %. Pemberitaan yang menjadi fokus riset dikategorikan dalam empat isu meliputi; promosi (promotion), produk (product), harga (price) dan tempat (place).

Pemberitaaan terkait brand Samsung didominasi oleh tema pemberitaan seputar mengenai peluncuran produk. Dalam berbagai pemberitaan di media cetak nasional maupun lokal disebutkan bahwa Samsung merencanakan akan merilis Samsung Galaxy S6, Maret mendatang. Selain itu, diketahui, Samsung meluncurkan juga ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi Tizen. Tema pemberitaan yang juga terkait dengan Samsung adalah fitur produk. Dalam berbagai pemberitaan, muncul berita soal fitur produk Samsung Galaxy S4 yang dapat dipergunakan untuk shooting film. Brand Samsung juga muncul dalam pemberitaan soal persaingan merek handphone serta promo yang dilakukan oleh distributor seperti Erafone dan Okeshop.

Pemberitaan terkait Brand Oppo lebih didominasi oleh pemberitaan seputar peluncuran produk. Dalam berbagai pemberitaan muncul berbagai berita seputar peluncuran Oppo N3. Selain itu, muncul pula berita seputar kontes fotografi yang dilakukan Oppo.

Brand Lenovo muncul dalam pemberitaan seputar promosi smartphone berbagai merek yang dilakukan oleh distributor (toko handphone) seperti Erafone dan Sahabat Pasaraya Center (SPC). Dalam konteks ini brand Lenovo muncul bersama merek-merek lainnya. Selain itu brand Lenovo juga muncul dalam pemberitaan terkait promosi seputar berbagai jenis ponsel yang mendukung untuk pemanfaatan jaringan 4G.

Tema pemberitaan yang muncul terkait dengan brand LG adalah fitur produk, inovasi produk dan promosi produk. Pemberitaan soal fitur produk brand LG menyajikan soal keunggulan resolusi layar smartphone LG. Sementara pemberitaan soal inovasi produk terkait dengan smartphone LG yang terintegrasi dengan alat elektronik lain seperti Air Conditioner. Brand LG juga muncul dalam pemberitaan promosi yang dilakukan distributor/toko hand phone seperti Erafone.

Brand Sony muncul dalam pemberitaan terkait peluncuran produk Sony yang mendukung jaringan 4G LTE seperti Sony C3, Sony Experia Z3 dan Sony Experia M2 Aqua. Selain itu, salah satu produk Sony, yakni Sony Z4 muncul dalam pemberitaan soal perolehan sertifikat kelayakan dari Federal Communication Committee di Amerika Serikat serta pemberitaan seputar promosi yang dilakukan oleh distributor/ toko handphone Erafone.

Dari trend pemberitaan yang muncul nampak kategori isu peluncuran produk menjadi isu yang cukup menonjol terkait dengan pemberitaan Smartphone. Hal ini terbukti dari berbagai berita terkait peluncuran produk baru yang dilakukan Samsung, Oppo dan Sony. Sementara, pemberitaan mengenai terkait dengan promosi nampak terlihat pada pemberitaan yang memuat brand Lenovo dan LG.

image source: bgr.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>