Fenomena Harbolnas
by , 12 December 2014
0
Online Shopping

Hari ini media sosial digemparkan dengan Harbolnas. Ada yang pernah dengar dengan Harbolnas? Harbolnas adalah kepanjangan dari Hari Belanja Online Nasional. Hari Belanja Online Nasional ini merupakan perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai mudahnya belanja secara aman dan nyaman di online shop. Pada saat Harbolnas banyak pemilik online shop yag memberikan penawaran – penawaran yang menarik dan potongan–potongan harga yang sangat menggiurkan. Harbolnas ini pertama kali dirayakan di Indonesia pada tanggal 12 Desember 2012.

Ternyata, selain di Indonesia negara lain pun juga memiliki hari dimana perusahaan yang menyediakan layanan belanja online juga memberikan penawaran – penawaran yang menarik. Seperti di Amerika Serikat (AS), Kanada, Inggris, Jerman, dan Jepang, terkenal momen perayaan belanja online yang disebut Cyber Monday, di mana para peritel mengadakan promo dan diskon besar setelah Thanksgiving Day (hari libur di Amerika Utara memperingati syukuran panen akhir tahun) untuk menarik konsumen berbelanja online.

Di Indonesia Harbolnas di gelar selama 24 jam terhitung dari tanggal 12 Desember pada pukul 00:00 – 24:00. Dengan adanya Harbolnas selama 24 jam ini juga mempunyai misi untuk memajukan industry e-commerce di Indonesia sebagai negara dengan pengguna internet yang cukup tinggi. Di dalam Hari Belanja Online Nasional tahun ini ada sekitar 78 online shop yang bergabung untuk merayakan Harbolnas dengan memberikan harga yang sangat miring.

Pada awalnya Harbolnas ini dipelopori oleh Lazada dan Zalora pada tahun 2012 dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para masyarakat yang suka berbelanja online , dan dengan adanya online shop ini lebih menguntungkan karena tidak perlu mempunyai toko sehingga jauh lebih efisien dan lebih banyak menerima keuntungan. Jadi para online shop yang tergabung di dalam e-commerce Indonesia berupaya untuk membangun kepercayaan konsumen, menampilkan produk yang bermanfaat untuk menarik antusiasme konsumen dan memberikan pelayanan yang baik juga keamanan dalam bertransaksi melalui bank online.

Harbolnas ini tentu sangat menarik bagi para masyarakat terutama para konsumen yang biasa belanja online. Harbolnas ini menimbulkan efek yang luar biasa dan mendapatkan perhatian dari masyarakat dengan adanya diskon yang besar dan berbagai penawaran yang sangat menguntungkan konsumen, sehingga banyak peminat yang sudah menanti tanggal 12 Desember ini.

Menarik bukan? Bahkan ada beberapa website penyedia jasa belanja online sempat menjadi susah diakses karena begitu banyak orang yang mengunjungi website tersebut. Hal ini bisa dijadikan sarana promosi dan memperkuat branding terutama bagi PRiders yang memiliki usaha yang menyediakan jasa belanja online.

Selamat Hari Belanja Online Nasional, PRiders!

contributor:

Adelea Amanda

Public Relations Student of London School of Public Relations

adeleaamanda@gmail.com

image source: financialexpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.