Jadikan Jurnalis sebagai Teman, dan Lihatlah Hasilnya!
by , 30 July 2014
0
brandrepair.typepad.com

Bagaimana menjalin relasi yang baik dengan media? Bagaimana agar media secara sukarela mau memberitakan tentang brand kita secara positif? Bagaimana agar media dapat kooperatif ketika brand kita menghadapi krisis? Ketiga pertanyaan di atas seringkali menjadi pertanyaan terbesar bagi PR sebuah brand.

Menjadikan media sebagai partner dan teman tidaklah mudah. Namun, ketika brand dapat melakukan integrasi hubungan interpersonal antara partner dengan teman, tidaklah sulit bagi brand tersebut untuk menjadi “primadona” bagi media. Selanjutnya, inilah starting point yang bagus dalam memelihara hubungan baik dengan media.

Toyota merupakan salah satu brand yang berhasil mengusung integrasi hubungan interpersonal antara partner dengan teman. Toyota berhasil memperlakukan setiap jurnalis dengan baik layaknya teman. Mulai dari memberikan selamat atas selebrasi tertentu, mengundang secara rutin untuk acara-acara formal maupun informal, hingga menjalin hubungan interpersonal yang dekat melalui media sosial masing-masing personil PR-nya.

Selain itu, Toyota juga memberikan “treatment” yang begitu baik sebagai partner, dengan terus menerapkan responsiveness yang tinggi terhadap permintaan jurnalis secara personal serta memberikan akses langsung kepada CEO (tentunya untuk level tertentu) dalam berkomunikasi.

Tipe seperti ini, tidak hanya memberikan dampak jangka pendek untuk memperkuat pemberitaan dan news value, tetapi juga dalam jangka panjang mampu mendorong media tetap bersikap kooperatif terhadap brand kita, baik dalam situasi normal maupun krisis. Jadi, sudahkah PRiders memperlakukan media layaknya teman dan partner dengan baik? <RP>

Image Source: brandrepair.typepad.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>