You are What You Tweet
by , 13 May 2014
0
7-Digital-Twitter-Shutterstock

Bagi para ‘aktivis’ dan ‘pecinta’ social media, pasti telah akrab di telinga PRiders situs jejaring sosial Twitter. Ya, situs yang hanya menyediakan 140 karakter untuk menuangkan kata-kata itu kini banyak digemari oleh para onliners. Menurut PT Bakrie Telecom, pengguna Twitter di Indonesia mencapai 19,5 juta dari total 500 juta pengguna global.

Statista juga melansir informasi bahwa Indonesia tercatat sebagai sumber pengguna Twitter terbanyak ketiga di dunia, dengan jumlah 6,5 persen. Di atas Indonesia adalah Amerika Serikat (24,3 persen), dan Jepang (9,3 persen).

Ya, nge-twit (istilah untuk tweeting atau menulis pada akun Twitter) merupakan salah satu kegemaran banyak orang. Hal ini semakin menarik, karena aktivitas social media tidak melulu harus dilakukan di depan komputer. Kini sudah banyak teknologi handphone yang mendukung aktifitas ‘gaul’ ini, sehingga publik bisa tetap ‘eksis’ dimanapun dan kapanpun.

Tapi, ada hal menarik yang dilihat dalam penggunaan Twitter ini. Ternyata, Twitter ini bisa dilakukan sebagai tools untuk membangun personal branding. Menurut Wikipedia, personal branding adalah proses dimana orang-orang dan karir mereka ditandai sebagai merek. Personal branding bisa juga diartikan bagaimana persepsi, pendapat atau kesan kepada PRiders. Jadi, hanya dengan nge-twit, para followers PRiders akan menilai ‘image’ PRiders apakah negatif atau positif.

Twitter is about follow and unfollow thing, if you feel hesitate to someone’s tweet, just click the unfollow button. It’s just that easy, and you will get a ‘bad image’, at least in your followers mind that do that thing (unfollow your account).

“Abis si X itu orangnya lebay banget sih, apa-apa nge-twitnya galau melulu, jadi gw unfollow deh”, kata Ota, salah satu pengguna Twitter. Ketika ditanya alasan mengapa mem-follow beberapa tokoh, Ota menyampaikan bahwa ia menyukai tokoh tersebut atau pun tokoh itu inspiring. Jadi, pandangan orang terhadap PRiders, ternyata bisa dilihat dari aktivitas PRiders bersosial media, terutama dalam aktivitas tweeting.

Yes dear, You are What You Tweet. It’s your choice to get a positive, so-so, or negative image for your personal branding. Be wise, tweeps! <AP>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.