Mengapresiasi Karyawan Perlu Momen Tepat
by , 28 May 2014
0
10-Internal PR-Apresiasi Karyawan Perlu Momen Tepat-www.alpinehomecare.biz

Setiap manusia memiliki kebutuhan dasar untuk diakui eksistensi dan pencapaiannya oleh orang lain. Oleh karena itu, menunjukkan sebuah penghargaan secara nyata terhadap karyawan berprestasi menjadi penting, terutama ketika dilakukan di hadapan seluruh karyawan di perusahaan. Coba bayangkan, bagaimana perasaan PRiders ketika keberhasilan menjadi karyawan teladan bulan April 2014, diumumkan kepada seluruh karyawan perusahaan? Pasti sangat senang dan menjadi semakin termotivasi untuk mempertahankan posisi itu, bukan?

Secara umum, bentuk reward and recognition di hadapan seluruh karyawan ini memberikan dampak positif seperti: menimbulkan rasa percaya diri dan kebanggaan bagi si penerima penghargaan dan mendorong karyawan lain untuk mencapai hal yang sama, bahkan mungkin lebih.

Di sinilah, internal PR bekerja untuk memastikan bahwa sebuah informasi positif dari perusahaan diterima dengan baik oleh seluruh karyawan serta akan ada follow-up-effect sebagai feedback dari sampainya pesan. Hal ini membuktikan bahwa komunikasi internal dan fungsi internal PR dalam sebuah perusahaan berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, internal PR juga diyakini mampu memberikan dampak positif kepada perusahaan sebagai salah satu divisi yang mendukung stimulasi karyawan secara tidak langsung.

Sebenarnya sebuah prestasi tidak harus diumumkan melalui pengumuman resmi dari pimpinan perusahaan. Cukup dikomunikasikan melalui media internal, seperti majalah internal, milis, media sosial perusahaan, maupun jalur komunikasi lain yang dapat diakses oleh seluruh karyawan perusahaan.

Secara berkala dalam periode waktu tertentu, divisi internal PR harus mampu secara aktif meminta data pencapaian karyawan kepada HRD. Kemudian, pesan sederhana tentang pencapaian tersebut dapat diolah menjadi konten menarik agar mampu memotivasi karyawan lain. Tidak ada salahnya dicoba bukan? <RP>

Image Source: alpinehomecare.biz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>