Komunitas, Poin Penting Bangun Citra
by , 6 May 2014
0
Komunitas, Poin Penting Bangun Citra

Komunitas merupakan salah satu hal penting dalam aktivitas Public Relations (PR). Berbicara tentang komunitas maka kita berbicara tentang salah satu dari publik yang menjadi target sasaran kegiatan PR. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Sutojo (2004: 60) bahwa citra yang baik merupakan perangkat yang kuat bukan hanya untuk menarik konsumen untuk memilih produk atau jasa perusahaan, melainkan juga memperbaiki kepuasan konsumen terhadap perusahaan atau organisasi.

Merujuk pada KBBI, kita bisa menyebut komunitas sebagai kelompok organisme (orang, dan sebagainya) yang hidup dan saling berinteraksi di daerah tertentu; masyarakat; paguyuban. Menghubungkan kepentingan publik, seperti salah satu fungsi dari PR, serta menghubungkan kepentingan komunitas.

Dalam Public Relations, kita mengenal komunitas sebagai bagian penting yang mendukung terciptanya image positif terhadap brand / perusahaan / organisasi kita. Terkadang, membina hubungan dengan komunitas diartikan sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan di sekitar perusahaan / organisasi. Namun, komunitas tidak sekedar publik yang berada di sekitar lingkungan perusahaan. Komunitas juga bisa berarti paguyuban yang dibentuk oleh perusahaan / organisasi, bisa dari konsumen, pelanggan setia, penyuka brand atau memang sengaja dibentuk sebagai bagian dari brand / perusahaan / organisasi kita.

Sebagai contoh, AXIC (Avanza Xenia Indonesia Community), merupakan komunitas yang diinisiasi oleh para pengguna Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Komunitas ini telah berkembang pesat hingga mencapai 4.000 jumlah anggota se-Indonesia. Komunitas ini dibentuk dengan tujuan menjalin silaturahmi dan melakukan berbagai kegiatan positif bagi masyarakat. Salah satu contoh kegiatan positif yang dilakukan beberapa waktu lalu oleh AXIC Bengkulu yang beranggotakan 50 orang ini adalah sebuah aksi sosial.

Mereka mengadakan kegiatan yang bertajuk “AXIC We Care: Berbagi Tak Merugi”, yaitu kegiatan pengumpulan dana sumbangan yang ditujukan bagi Korban Sinabung. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat dan bahkan sempat dimuat oleh berbagai media di wilayah Bengkulu dan sekitarnya. Jika dilihat, hal tersebut tentulah berdampak positif juga bagi brand image Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia karena komunitas mereka melakukan kegiatan positif bagi masyarakat.

Dengan aktivitas positif dan terjalinnya hubungan baik dengan komunitas, kepuasan dan kesenangan publik terhadap perusahaan / organisasi juga tentu dapat meningkat. Karenanya, komunitas bisa menjadi poin penting dalam membangun citra positif bagi perusahaan / organisasi. <AP>

Image Source: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>